Sabtu, 16 Juni 2012

Pie Peach & Strawberry Vegetarian

Masih ingat dengan postingan saya tentang kado ultah dari Myaw? Nah kemarin tepatnya tanggal 2 Juni adalah giliran ulang tahun dia. Dalam pikiran udah banyak banget rencana bakal kasih kado apa, akhirnya saya putuskan saya mau masak kue buat dia. Sejak jadi vegetarian, untuk urusan makan Myaw jadi semakin pemilih (ya iya lah) :p untuk makan cake atau kue favorit saja sudah tidak semudah dulu. Sedikit banget kue yang tanpa telur, susu, mentega hewani. Umumnya kue2 enak ya pake itu semua. Dari situ saya memutuskan mau bikin kue buat ultahnya.

Gampang gak? susah banget :)) Sebulan sebelum ultahnya, saya sibuk browsing kue/cake yang tanpa semua pantangannya. Ternyata nyari resep vegetarian di dunia maya susahnya minta ampun. Ada beberapa resep cake vegan enak, tapi kebanyakan mereka memakai bahan subtitusi, yang saya sendiri pun belum tentu bisa menemukannya.

Dan ditengah kesulitan itu saya malah sempar berangan-angan membuatkan Myaw Rainbow Cake Vegan. Duh ini sangat sulit. Bayangkan bikin 1 layer saja (dari base cake vanila) saya gagal terus membuatnya dan selalu bantat :(( apalagi bikin 7 layernya dengan warna pelangi itu? Hiks, saya ndak mau bikin Mywa masuk RS karena memakannya.. (lebay ihhh) :p

H-seminggu saya ganti haluan, dari mencari resep cake, menjadi mencari resep Pie! Ternyata akhirnya saya menemukan resep Pie Buah tanpa telur dan susu. Ah senang banget :D Resep kulit bahan dasar pie saya ambil dari blog ini. Lalu isinya saya buat vla susu yang saya subtitusi dengan sari kedelai (susu kedelai). Resep ini kreasi saya sendiri. Ini resepnya:



Pie Peach & Strawberry Vegetarian

Bahan kulit:
1 cup tepung terigu
1/2 cup margarin nabati (menurut resep dibekukan dipotong2 kalo saya margarin suhu ruang)
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
3 sdm air es (air saya masukkan terakhir sesuai dengan sudah kalis atau belumnya adonan)

Bahan vla:
1 cup sari kedelai (susu kedelai) manis
1 sdm tepung terigu
1 sdm margarin nabati
1 sdm tepung maizena (larutkan dengan air untuk mengentalkan vla)
1 sdt vanili bubuk

Bahan topping:
Strawberry segar (potong/bersihkan)
Peach kalengan (potong2)
1 sdm agar-agar bubuk putih
1/2 cup air
4 potong kotak kecil dark cooking cokelat (pastikan murni, tidak ada susu)


Cara membuat vla:
  1. Panaskan margarin hingga cair, lalu masukkan tepung terigu aduk dengan cepat hingga berbulir. 
  2. Masukkan sari kedelai. Aduk rata hingga gumpalan hilang. Masukkan larutan tepung maizena aduk hingga mengental.
  3. Masukkan vanili bubuk. Aduk merata dan matikan api.
  4. Dinginkan vla dalam lemari pendingin.

Cara membuat kulit pie:
  1. Campur semua bahan kering (terigu+gula+garam) bahan kulit dalam wadah, tambahkan margarin aduk2 dengan spatula atau dengan tangan yang bersih hingga berbulir kecil.
  2. Tambahkan air dingin, campur hingga adonan bisa dibentuk dan kalis.
  3. Tutup wadah berisi adonan dengan plastik dan masukkan ke kulkas selama 15 menit.
  4. Panaskan oven 170 derajat Celcius.
  5. Keluarkan adonan dari kulkas. Pipihkan adonan setebal 1/2 cm dengan tongkat penggilas (kalo saya pake botol kaca bekas sirup). Pasang di loyang bundar diameter 20 cm. Tekan2 dan rapikan dengan tangan. Tusuk2 kulit dengan garpu.
  6. Masukkan kedalam oven, panggang selama 25 menit hingga matang. Setelah matang keluarkan dari oven dan angin-anginkan.

Cara membuat bahan olesan buah:
Agar2 bubuk dan air dipanaskan dan dimasak hingga mendidih. angkat dan anginkan sejenak.

Cara menyelesaikan semuanya :p
Setelah kulit pie dingin, oles permukaan dasar pie dengan dark cooking cokelat yang telah dilelehkan/ditim. 
Setelah itu masukkan vla yang telah didinginkan ke dalam pie. Susun buah strawberry dan peach menurut selera. Setelah itu lapisi permukaan buah dengan agar2 putih. (saya melapisinya dengan kuas atau bisa juga dengan menyiramkan diatasnya). Setelah selesai masukkan Pie kedalam lemari pendingin. Lebih nikmat disajikan dingin. :)





Booook panjang ya resepnya :)) Kelihatannya rumit padahal mudah sekali pembuatannya dan menyenangkan. Serta gak perlu takut bantat hehehe... Akhirnya saat Myaw ngajak ketemuan makan2 ultahnya, saya pun membawa Pie Buah ini untuk dinikmati bersama. Duh melihatnya tersenyum lebar saat menerima dan memakan pie bikinan saya, rasanya senang bukan main :D Selamat ultah ya! 


1 komentar: