Kamis, 12 Juli 2012

Perihal memasak dan dapur


Dapur impian saya, yang agak besar dan ada meja kerja ditengahnya kaya gini. Biar bisa masak kue/roti semaunya. Sepertinya terlalu terinspirasi karena keseringan nonton Asian food channel :))

Urusan masak memasak saya paling suka, entah kenapa memasak buat saya menyenangkan. Kadang menjadi terapi saya untuk mengontrol emosi saya. 
Kenapa saya bilang seperti itu? Karena dengan memasak saya memperoleh solusi, ketenangan, kebahagiaan, dan rasa inovasi dalam membuat sesuatu. 
Ini sih cuma kesimpulan abal2 saya saja sih… mungkin jika saya paham dengan ilmu psikologinya mungkin tulisan saya akan lebih ilmiah menjabarkannya. Sayangnya pengetahuan saya tentang itu sangat terbatas, jadi mari kita bahas dari berdasar pengalaman saja :)

Saya lagi kesel, lagi bete, lagi rasanya ingin ngomel sama, orang atau lagi gundah bukan kepalang. Cuma sekedar ambil panci, masak indomie penuh dengan sayuran dan bakso serta rawit, itu sudah menjadi solusi saya seketika. Perut kenyang hati tenang kembali. Atau jika pengin makanan manis2, tiba2 saya ambil mangkuk, mixer dan mulai membuat kue :D (tapi kalo lagi gak mood sebaiknya jangan bikin kue, bisa bantat hasilnya-ini bukan cuma mitos, tp saya sudah membuktikannya) Xp

Mendadak disela-sela pekerjaan, jenuh saya kebayang2 mau makan cake anu, atau kue anu, atau puding anu atau masakan anu. Sembari kerja tiba-tiba saja sudah googling resep makanan yg ada dlm pikiran saya, lalu belanja dan sampe rumah/pas wiken langsung praktek deh! Saya sering begitu, rasa penasaran saya selalu muncul kalo lagi stress hehe, jadinya selalu tergerak mencoba resep2 yg belum pernah saya coba. Tapi…. sempet down juga sih, saat mencoba sebuah resep sampe gagal 3 kali hehe…

Saya lebih nyaman masak di dapur sendiri. Tempatnya saya sudah hapal, letak bumbu-bumbu dan peralatannya saya sudah hapal, bahkan sifat2 kompor yg suka meletup2, oven yang gagangnya pembukannya suka copot serta hama pengganggu dapur saya hapal semua :D Itu yang bikin saya nyaman dan pede masak di dapur sendiri. Dan mungkin itu sebabnya saya kurang lihai jika masak di dapur orang, contoh di dapur kantor. Setiap hari kelompok memasak saya di kantor selalu bagi2 tugas untuk masak dan belanja. Memang sih masaknya terbatas menggunakan slowcooker tapi dari situ jadi bisa belajar masak apa aja yang memungkinkan pake panci ajaib itu. :) Tapinya karena dapur kantor, alat terbatas, bumbu juga, dan yang make juga banyak karena dapurnya merupakan fasilitas umum. Kadang ada aja yg bikin sebel, entah peralatannya dipinjam orang dan gak dikembalikan ke tempat semula, yang joroknya minta ampun, yang habis pake alat gak dicuci, yang habis pake alat gak bilang2 juga… sungguh itu membuat saya gak nyaman dan bikin agak ogah masak sendiri di kantor Xp

Satu dapur harus 1 juru masak, maksud saya cuma 1 orang yg berhak menentukan masakan, dan bumbu juga cara memasak. Kalo ada 2, 3, 4 juru masak kacau balau jadinya. Jadi gini: kalo di rumah, bukmer datang menginap, saya biasanya cenderung mempersilahkan dia yang memasak, saya cuma bantu2 saja. Atau kalo bukmer yang suruh saya masak ya saya yang masak, nanti bukmer biasanya masak menu lain sesudah saya masak. Begitu… jadinya dapur saya yang kecil, tidak terlalu berantakan banget dan menu masakannya jelas :D
Tapi… kok ya sulit sekali menerapkan hal ini di dapur kantor. Masak berkelompok itu banyak gak enaknya (menurut saya), kadang ada yg suka suruh2 ini itu, padahal ya sudah ada jadwalnya, kadang ada yang males, jadi masak pun gak jalan, kadang ada juga yang suka protes karena masakannya gak sesuai rasanya. Jujur saya bingung kalo masak barengan gini apalagi kalo gak patuh sama jadwal dan aturan. Jadi makan hati :| hiks…

Tapi kalo punya dapur model sudut gini pun saya juga tetep suka, yang laci dan lemarinya banyak kalo perlu yang bisa buat gantung2 perabot dan perlatan masak. :) duh kapan ya bisa punya dapur kaya gini hihihi :D

Saya lebih suka masak di dapur yang bersih, sebisa mungkin sebelum dan sesudah saya masak, dapur saya bersihkan, lap kompor, dan mejanya dari minyak, kembalikan bumbu ke tempat semula dan peralatan ke tempat semula. Saya pecinta dapur rapih pokoknya. (walau dapur saya sekarang masih jauh dari rapih) :)) saya sedang berusaha menata dapur warisan ini. Sedikit sedikit saya ingin membuatnya menjadi nyaman, sehingga masak makin-makin menyenangkan buat saya :) 

Ih curhatan masak saya kok banyak juga ya? hahahaha :)) Saya terlalu menghayati urusan dapur rupanya :D


gambar saya cari via googling. :)