Jumat, 27 Juli 2012

Resep Sup Tomat

Puasa-puasa gini terus terang males masak ribet, selain jam makan jadi bergeser, waktu semakin sempit untuk memasak. Saya memasak pada malam hari, saat pulang kantor. Masakan baru siap sekitar jam 9 malam dan jadilah saya dan si Mas makan malam jam segitu. Tuh malam banget ya... Lalu masakan malam itu disisakan untuk makan saat sahur. Waktu tidur jadi semakin berkurang jika saya masak ribet, alhasil saya jadi cuma masak yang rebus2 (seperti rebus kangkung atau bayam buat pecel) dan goreng2 (macem goreng tempe, ayam, nugget, telor). Mendadak jadi gak kreatif sama sekali.


Tapi perut berkata lain (halah) pengin makanan yang neko-neko, tapi menekan jajan di resto atau warung. Pengin makan sup tapi yang seger, dan agak bule kaya di resto Soup Spoon.
Saya kepingin bereksperimen dengan bikin sup tomat. Menggunakan tomat yang diblender, jadi tekstur sup kental berwarna merah, rasa gurih dan kecut segar. Mencarilah resep tersebut di ranah maya dan menemukan ini, resep di blog ini bisa jadi basic sup yang saya buat, tapi saya tidak pakai bola udangnya melainkan saya isi dengan isian yang ada di kulkas saya hehehehe :D




Sup Tomat


Bahan – bahan:
4 buah tomat ukuran besar
1 dada ayam potong dadu, tulangnya dipakai untuk membuat kaldu
1 wortel potong dadu
1 kentang besar potong dadu kecil-kecil
1 buah sosis potong2
500 ml air untuk merebus
2 sdm margarin untuk menumis
1 buah bawang Bombay, iris halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm terigu
¼ sdt pala bubuk
Garam, merica bubuk secukupnya
1 sdt gula pasir
500 ml air
1 sdm saus tomat/tomat pasta
daun bawang seledri dicincang halus

Cara membuat:

  • Rebus tomat hingga kulit mengelupas, tiriskan lalu blender.
  • Panaskan margarin di dalam panci, masukkan bawang bombai dan bawang putih tumis hingga layu dan masukkan tepung terigu, aduk cepat, lalu masukkan tomat blender. aduk hingga gumpalan tepung halus, tambahkan air.
  • Masukkan ayam + tulangnya, garam, gula, merica, pala. Masak hingga mendidih.
  • Masukkan kentang dan wortel, sosis dan saus tomat/tomat pasta. Aduk2 dan masak hingga sayuran empuk.
  • Sajikan dengan taburan daun bawang seledri.
Tips:
  • Menambahkan air saya mengira2, kalau kurang cair tambahkan lagi airnya, kalo ingin kental airnya jangan terlalu banyak. 
  • Masak dengan api kecil-sedang dan sesekali harus diaduk. Karena sup mudah mengental mudah gosong/lengket jika tidak diaduk.
  • Bisa ditambahkan dengan sayuran lain (kacang polong, jagung, dll) atau makaroni.
untuk 4 porsi

Sup ini enak disajikan hangat, rasanya segar, bisa dimakan sambil dicocol roti tawar hehehe, tapi agak kurang cocok jika dimakan bareng nasi. Tapi alhamdulillah ternyata si Mas suka sup ini. Katanya kayak di resto-resto. #ihik aih saya jadi maluu :))

gambar diambil dari ayahbunda, maklum supnya habis ludes sebelum difoto :p