Senin, 30 Juli 2012

Resep Pie Makaroni Skotel

Pie Makaroni Skotel

Masih tentang variasi pie, wiken kemarin saya mencoba resep pie yang asin/gurih. Browsing resep nemu resep ini, memang sih takaran resepnya berdasarkan gram, tapi saya coba deh dengan membuatnya versi takaran cup. 

Pie Makaroni Skotel

Bahan Pie:

  • 1/2 cup margarin 
  • 1/2 sendok teh garam kalo margarin sudah asin tidak perlu lagi
  • 1 kuning telur 
  • 1 cup tepung (kombinasi 2 sdm tepung beras dan sisanya tepung terigu) 
  • 4 1/2 sendok makan air es 
  • 1 kuning telur untuk olesan
  • 1 sdt gula


Bahan Isi Makaroni Skotel:

  • 1/2 buah bawang bombay, tumis dengan 1 sendok makan margarin
  • 1 buah kornet kemasan bungkus 
  • 1 buah sosis sapi, dipotong kotak
  • 50 gram makaroni, direbus
  • 5 buah jamur merang, potong kecil
  • 1 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 1/2 sendok teh pala bubuk 
  • 2 butir telur 
  • 150 ml susu cair 
  • 20 gram keju cheddar parut 



penggabungan makaroni skotel yg dicetak dalam kulit pie



Cara Membuat :
  1. Pie: aduk bahan pie dengan garpu/jari tangan sampai berbutir. Gumpalkan. Diamkan 15 menit dalam lemari es.
  2. Giling tipis adonan. Cetak di cetakan pie diameter 20 cm. Tusuk-tusuk.
  3. Oven 15 menit dengan suhu 170 derajat Celsius.
  4. Isi: campur bawang bombay, daging giling, daging burger, makaroni, garam, merica, dan pala.
  5. Tambahkan kocokan telur yang dicampur dengan susu cair dan keju parut. Aduk rata. Tuang di atas pie. Oven lagi 25 menit dengan suhu 170 derajat Celsius.
  6. Giling tipis sisa adonan. Pilin2 memanjang.Tempelkan di atas pie hingga penuh.
  7. Oles kuning telur. Oven lagi 35 menit dengan suhu 170 derajat Celsius sampai matang.


Untuk 12 potong



hiasan di bagian atas pie bisa dibuat bisa juga tidak, karena pengin pie saya cantik jadi saya bikin deh :)
Hasilnya gimana? hem... saya baru kali ini mencoba bikin pie dengan kombinasi ada tepung beras dan ada kuning telurnya. Tekstur pie nya jadi sangat rapuh, biasanya kalo saya bikin tekstur jadi keras dan tidak mudah rapuh. Entah ya sepertinya kombinasinya masih belum tepat, mungkin lain kali saya perlu mencoba mengutak atik kombinasi untuk kulit pie ini. Atau mungkin bagi yang suka masak ada pengalaman dengan tips membuat kulit pie?


Untuk rasa, hahaha memasak saat puasa itu gampang2 susah ya. saat isi makaroninya terasa sudah pas eh rasa pada kulit pie-nya saya teledor untuk memasukkan garam. Lupa kalo margarin yg saya pakai margarin biasa yang sudah asin, jadi seharusnya tidak perlu ditambah garam lagi. Jadi rasanya agak asin sedikit deh, sehingga rasa skotelnya kebanting. Hiks :'( Lain kali resep ini perlu diulang lagi! hehehe
sepotong gak cukup, pengin lagi... :p


Oh iya dimakan biasa pun juga sudah enak, tapi sepertinya jika dicocol sambal botolan lebih maknyus lagi. Rasa Pie sekilas mengingatkan gw sama rasa Kaastengels :)) padahal kulit pie saya bikin tidak dengan campuran keju lho.. entah kenapa jadi gurih :D apa mungkin karena cairan susu telor skotelnya meresap dalam kulit ya? sehingga menyatu dan gurih :p