Senin, 27 Juni 2016

Review komik anak: Komik Halal dan Haram

Keuntungannya punya tugas mereview ilustrasi buku ialah, bisa baca buku-buku baru yang kebetulan ilustrasinya saya yang mereview. Kebanyakan sih saya pegang buku anak muslim, komik anak, dan buku aktivitas.

Komik Halal dan Haram by Dian K dan Tethy Ezokanzo


Dan seneng banget saya kebagian jatah mereview buku Komik Halal dan Haram karya Dian K dan Tethy Ezokanzo. Ini komik ke-3 Dian K untuk seri buku muslim anak. Dua buku sebelumnya mba Dian K tandem bersama mba Aan W menulis Komik Sunnah itu Mudah dan Komik Akhlak dalam Al Quran. Melalui 2 buku sebelumnya ini Mba Dian K mengajak anak-anak untuk belajar melakukan sunnah yang mudah, serta perilaku akhlak muslim dalam Al-Quran. Dan 2 buku sebelumnya ini sudah terbit di Jepang loh, diterbitkan oleh Kaika Publishing. Wih kereen!


Komik Sunnah itu Mudah dan Komik Akhlak dalam Al-Quran


Gimana ceritanya dengan yang Komik Halal dan Haram ini? Kocak abis! Suer! Mba Dian selalu pandai mengemas kisah2 muslim untuk anak ini menjadi kisah yang komedi, seru dan menarik untuk di simak. Ditambah ilustrasinya dari Mas Wawan Kungkang yang yak ampun bikin ngakak :)) Ada banyak aksesoris pada komik yang mencuri perhatian dan bikin ketawa. Saya gak bisa jelaskan detil heheh daripada dicap spoiler :D Mending baca aja bukunya langsung :)

Tanpa terasa saya habis membaca 1 buku ini dan jadi belajar tentang apa itu halal dan haram lebih banyak. Haram itu gak cuma sebatas gak boleh makan daging babi, gak boleh minum alkohol saja, tapi banyak hal-hal lain yang ternyata haram juga hukumnya.

Contohnya nih... makan makanan halal tapi gak bilang-bilang pemiliknya, atau main ambil makanan orang padahal yang punya tidak menyetujui untuk membagi makannya, nah ya itu masuknya "mencuri makanan dan merampas makanan" ya kalau begini haram juga dong makan barang curian? Ya kan? Duuuh.. jadi teringat kadang saya suka iseng cicip2 kue atau makanan yang entah punya siapa di meja makan atau di kulkas. YA habisnya gimana ya? Karena diletakkan di kulkas atau meja kan ya kesannya barang milik bersama dong kan? Ternyata gak boleh begitu... huehehehe.....

Penasaran? Hihihi beli bukunya ajah... saya cuma merekomendasikan buku ini lho. Cocok untuk anak- anak yang suka baca komik, SD kayaknya juga sudah oke baca ini, dan sampe bapak ibunya aja juga bisa baca kok.

Komik Halal dan Haram
Terbitan: Qibla
Penulis: Dian K dan Tethy Ezokanzo
Ilustrasi: Wawan Kungkang
Jumlah halaman: 148 halaman (isi 18 cerita)
Harga: 125.000 (harga pulau jawa)

Kamis, 23 Juni 2016

Review Short Animation Competition XXI Short Film Festival 2016

Ini kejadian kapan ya? April atau Maret? Kok saya agak2 lupa...

Hari Sabtu nonton pemutaran Short Animation XXI Short Film Festival 2016.





Ada 6 film yang terpilih menjadi nominasi. Nah akan saya review singkat ya.. Keenam film ini menarik dengan teknik yang keren2 dan cerita yang ringan malah kadang terlalu ringan 

Biru

Teknik yang digunakan stopmotion, menggunakan puppet, premis cerita menarik dan eksekusi juga menarik, liar dan unik. Ceritanya tentang procrastinating, menunda-nunda sesuatu.


Kapur Ade

Yup film pendek animasi 2D dari Lanting Studio ini masuk nominasi. Kisah tentang anak jalanan di jakarta yang menjadikan kemacetan Jakarta sebagai playground mereka.


Linimera

Film pendek animasi 3D dengan warna hitam putih dan merah, warna merahnya warna benang yang menghubungkan waktu hidup tokoh-tokohnya. Premis yang saya tangkap tentang gunakan waktumu bersama orang yang kamu cintai atau keluargamu. Hidup itu singkat, dan terkadang ada hal-hal yang perlu dinikmati saja agar kamu tidak kehilangan momenmu.


Rexi: The Great Return

Film pendek animasi 3D dengan teknik animasi dan tokoh karakter yang bagus dan keren tapi..Kalau untuk dilombakan 1 film ini saja berasa kentang dan kurang. Selesai nonton jadi punya banyak pertanyaan kelanjutan dan lain2nya bagaimana. Film ini cocoknya diseting untuk serial, entah jadi web series atau ditayangkan di TV?
Lalu premis ceritanya apa? Nah itu dia ceritanya gak berbekas jadinya saya gak ingat :))) hahaha...


Zlo: The Great Runner

Entah kenapa banyak judul dengan tulisan The great-the great-nya ini deh.. :))
Animasi 3D, dengan bentuk karakter yang agak ajaib menurut saya.. Ceritanya menarik, bagaimana mengatasi ketakutanmu untuk sesatu yang besar yang akan kamu jalani di depan.


Alien CG

Ini juga animasi pendek 3D yang cocoknya jadi web series atau serial TV, karena karakternya menarik dan baik serta menjual. Lalu cerita juga sederhana, geje bahkan agak2 gak penting gitu deh tapi menghibur, terbukti banyak penonton yang tertawa saat film ini ditayangkan :D

Penasaran sama film2nya? coba cari di Youtube deh, saya rasa ada semua hehe :D
Bilang aja males nyari linknya :))))

Senin, 23 Mei 2016

Melukis dengan cat kanji aman untuk balita



Kemarin melukis bersama Aga. 
Saya teringat pernah diajarin melukis pakai cat kanji jaman sekolah dulu. 
Kalau dulu catnya pake cat poster sakura, ini cuma pake pewarna makanan stok di rumah. Bahan-bahan dan cara pembuatannya mudah banget.

Cat kanji warna-warni

Bahan: 
  • 3 sdm tepung kanji
  • Air secukupnya
  • Beberapa tetes pewarna makanan (saya pake pewarana makanan cap kupu-kupu, 4 warna berbeda)
Alat: 
  • Panci
  • Kompor
  • Mangkuk
  • Sendok
Cara:
  1. Campurkan tepung kanji dengan air secukupnya, masukkan panci dan jerang diatas api.
  2. Aduk hingga mengental, setelah kental matikan api.
  3. Aduk hingga uap panas hilang, bagi menjadi 4 adonan dan pindahkan ke mangkuk-mangkuk.
  4. Beri 3-4 tetes pewarna makanan dan aduk rata.
  5. Cat kanji siap dipakai.

Cara penggunaan: 
  1. Celupkan tangan atau jari kedalam cat kanji dan buat gambar di atas kertas atau keramik sesukamu.
  2. Jemur hasil lukisan cat kanji. Siap dipajang deh. 

Saya bikin 4 mangkuk cat kanji: warna, merah, hijau, ungu, kuning. Padahal bikinnya dikit tapi jadinya segambreng. Menghasilkan 6 lembar lukisan ukuran A3.

Itu habis semua? Enggak! Sisanya? Dicoret2 di dinding keramik kamar mandi sambil mandi. :D biar bisa dibilas. 

Mengejutkannya Aga mau ngelukis dengan tangannya, mengingat Aga paling jijik kotor2an. Iya Aga makan biskuit cokelat aja kalau belepetan di tangan jijik2 minta tissue atau minta cuci tangan. Hahahaha. Ini dia terpaksa menikmati kejijikan dan jorok2nya melukis hahaha.

Senang! 

Dari ekspresinya gak suka, sampai akhirnya mau menyelesaikan lukisan sampai cat kanji habis.

Kapan-kapan metode melukis cat kanji ini bisa diulang lagi. Lumayan buat variasi aktivitas main Aga di rumah.