Minggu, 06 Juni 2010

Saya ini Komikus loh!

Halah bohong banget! mana buktinya kalo saya ini komikus? mana buku komik yang terbit?!
Iya sih... saya ini cuma komikus kacangan, komikus amatiran, pernah menjadi komikus, atau... saya ini pernah punya hobi bikin komik. *kok baca kalimatnya malah makin pesimis ya* tongue

Hobi gambar saya udah ada sejak kecil, sejak jaman TK dan SD udah suka corat-coret di kertas, buku gambar, dinding.. nah.. baru mulai berbentuk komik itu jaman SD. Saat komik jepang sedang jaya2nya. Saat munculnya Candy2, Miss Modern, dan yang fenomenal Sailormoon. Saya gak sabar ingin bikin komik sendiri!

Terinspirasi dari Sailormoon yang seru dan gambarnya cantik itu juga kemegahan cerita animasi kesukaan saya Saint Saiya, akhirnya jadilah komik saya: Satria Bunga Putih. Biasanya saya singkat dengan buku SBP. Wahaha... sumpah saya pede abis, meramu cerita ksatria wanita berbaju mini dan seksi tetapi harus melawan musuh2 ksatria emas dan perak. *copy paste banget gak sih* Saya juga membumbui dengan cerita ala saya, membacanya ulang kadang saya jadi bingung ini apa yang ada dalam pikiran saya ya? lmao

Komik saya buat di buku tulis bergaris cap Lokomotif, gambar saya gambar dengan pensil dahulu atau bahkan langsung menggoreskannya dengan spidol snowman warna biru. Langsung loh ya... tanpa salah! makanya kadang ada gambar tubuh yang kurang proporsional. Lalu bagaimana dengan teks komiknya? ah jaman dulu mah gak ada komputer, masukin teks ya ditulis lah... pake tulisan tangan! *seperti komik tintin, atau komik2 donal bebek yang masih di tulis dengan tulisan tangan* nah... apa tulisannya terbaca? eng liat aja deh, justru tulisan kayak ceker ayam yang keluar.
Apalagi jaman dahulu saya membuat panel masih belum bervariasi, panel komik yang terbentuk belum ber'selokan' (jarak antar panel), panel masih saya buat berdasarkan garis di buku tulis, kotak2nya kecil dan monoton. Ah pokoknya kalo lihat buku komik saya ini cupu banget dah!
hee hee

ini 4 buku pertama saya SBP: Satria bunga putih, dari 4 buku ini bisa terlihat perkembangan gambar saya dari tahun ke tahun.

Cuma 1 buku aja? hahah jangan salah... justru saya bikin sampai berseri! sampai 4 buku, dan itu pun belum tamat! Lah emang ada yang baca? sampai niat bikin buku sebanyak itu? Yak bener sekali... dulu temen2 SD saya ada yang bersuka hati *entah terpaksa atau entah doyan*
hee heemengikuti kisah komik SBP ini. Berawal dari kekaguman sama saya yang pinter gambar dan bikin komik, makanya mereka tertarik baca. entah ceritanya seperti apa. Takjub? iya saya juga! hihih berasa bagaimana gitu punya fans2 walau itu teman sendiri. hihihi...blushing

Sayang buku itu terhenti, berhentinya karena setelah saya SMP kesibukan semakin padat, dan saya mengalami mati ide di buku SBP. Tapi ndak pernah berhenti di judul itu saja, saya juga bikin judul2 lain masih dengan format buku tulis. Tapi tetep ceritanya gak selesai tongue

inspirasi saya Sailormoon dan Saint Seiya, kelihatan kan hasilnya?
hahaha ada jurus2 macam Saint Andromeda


Sampai suatu ketika saya bertemu dengan seorang kawan yang memiliki studio komik. Saya kenal dengan kawan ini dari hasil korespondensi *hayoh dulu pernah punya hobi korespondensi gak?* Saat saya SMP ini saya akhirnya memiliki teman di tingkat kuliah dan SMA dari studio komik ini. Namanya CREATOR. Dari sini pikiran saya terbuka kalo komik tidak hanya hobi saja, tapi kita juga bisa bikin komik untuk dapet duit. Saya juga belajar bikin komik yang benar, dan mulai meninggalkan buku tulis kesayangan saya. Saya mulai membuat komik di media kertas A4. Memakai metode menggambar dengan pensil, bentuk gambar di perjelas dan dibagusin lagi, lalu ditinta dengan tinta, mulai menggunakan pena gambar berukuran dari 0,1; 0,3; 0,5, lalu saya mulai mencoba efek2 dengan tone/rugos biar komik menjadi lebih cantik dan seru. Banana Lv 1

Ah menyenangkan sekali ilmu yang saya dapat dari teman2 saya itu. Setelah studio komik kamu tergabung dalam MKI (masyarakat komik indonesia) sebuah komunitas besar di jajaran komunitas komik independen kami pun mulai ikut pameran2 komik, di jakarta, jogja, dan tempat2 lain... Mulai bertemu dan berkenalan dengan studio komik/komunitas komik dari berbagai daerah, kampus dan sekolah. Kebanyakan sih komunitas itu terbentuk berbasis kampus. Tiap kampus yang memiliki jurusan desain pasti punya banyak studio2 komik itu, ada pula yang perorangan.

Haha.. itu pengalaman tak terlupankan saya jaman SMP sampai SMA. Saya terbilang masih muda di komunitas saya, dan beruntung bisa tergabung di studio komik dan bahkan ikut pameran dan pernah menerbitkan buku, di kompilasi yang dibuat oleh CREATOR. sempat terbit 4 kompilasi *kalo gak salah* tapi akhirnya setelah selepas SMA semuanya tercerai-berai. Terjadi kelesuan atmosfir perkomikan indie, mulai terbukanya penerbit2 besar macam gramedia atau mizan di industri komik, dan mulai berubahnya prioritas kehidupan masing2 anggota komik.

Oh iya.. kompilasi komik saya itu bentuknya sederhana loh, hanya buku hasil fotokopian. Iya.. namanya juga komunitas, biaya ya biaya komunitas. Ndak punya sponsor, apalagi penerbit yang mau menerbitkan. Tapi bikin komik gak akan berhenti cuma gara2 masalah materi dan nama besar penerbitan kan? untuk itulah muncul yang namanya komik inide. Format sederhana, foto kopian, biasanya berukuran A4 atau F4 yang di jilid stepler di tengahnya. Terdiri tidak lebih dari 20 lembar kertas. Kertas sederhana HVS putih, ataupun HVS warna, juga kadang menggunakan kertas samson cokelat. Komik2 itu dijual dengan harga terjangkau 3000-5000 rupiah bahkan 1000 rupiah pun bisa! tergantung dari jumlah halaman dan tingkat kesulitan komik. Dan proses pendistribusiannya ya... kalo punya kampus bisa dijual di kampus, kalo masih sekolah bisa dijual di sekolah, tapi... paling sering ajang perjual belian itu terjadi pada saat ada pameran komik skala regional ataupun nasional. rock  on!

Jadi apakah saya seorang komikus? iya donggg saya udah bikin banyak komik, tapi saya ini komikus mood-moodan hehe... Apakah saya ndak pernah berpikir untuk menerbitkan komik saya di penerbitan besar? entahlah... saya ndak yakin dengan cerita yang saya punya, terasa kurang menjual hehe... lagipula bikin komik itu ndak mudah loh.. dan butuh waktu lama *ini sih cuma karena gw males aja bikinnya* tongue


ini buku ke tiga saya, kadang kalo spidol biru habis saya menggambarnya dengan bolpen

di tiap buku saya tempelkan peraturan membaca, karena saya cuma punya 1 kopi buku jadi harap kalo baca jangan sambil makan, minum, tangan jangan kotor, jangan basah, harus dikembalikan dan gak boleh rusak! bawel ya saya..

saya mulai bikin komik di kertas setelah bergabung di studio komik.
ini judulnya Picture of Life. Belom tamat hehe


ini komik saya yang sempet terbit di kumpulan komik CREATOR, judulnya eng... saya lupa.. ceritanya ttg drama romantis heheh.. saya dulu posisinya sebagai penciler.

My Story (walau bukan kisah saya) sempat mau saya kirimkan ke tabloid Hoplaa dan Fantasi.. tapi... gak cukup pede hehehe..

saya juga suka gambar2, kadang pesanan teman, kadang pesanan pengunjung pameran atau cuma buat koleksi pribadi saya. ini gambar sebelum diberi warna.

17 komentar:

gumi mengatakan...

Bagus.. jurusnya perpaduan debu2 intan, sailormoon, rantai andromeda.. =))

Piecha mengatakan...

wow.. hebat euy..
korespondensian.. sahabat penaan ya.. iya jaman SD dulu pernah, kenal via majalah BOBO.. hahaha...

Juminten mengatakan...

ya ampuuun, ipieeedd... kamu kok sama banget sih sama aku?
dulu waktu SD, aku suka banget bikin komik2 sendiri kayak gitu.
tp karena gak dapet dukungan, akhirnya berenti deh bikin komik lg.
huwaaaa... padahal temenku jg suka baca komik yg kubukan sepeti itu. :(
beruntungnya dirimu bisa melanjutkannya sejauh itu.

tikapinkhana mengatakan...

woghh nenekku hebat,pinjam komiknya ^^ dong.Kalau hobi korespondensi itu zaman smp sampe kuliah masih sih sampe se dus koleksi suratnya waktu itu :D

Mamisinga mengatakan...

ciamik sorooo.. apik

devieriana mengatakan...

hwow..wow..wow.. keren banget gambarmu say. Kamu berbakat jadi komikus. Lanjutkan!
8siap-siap beli bukunya*

kopisusu mengatakan...

EH LOHHH ?!!! KEREEEEEEEN !!

alle mengatakan...

AHA!! ternyata ipid multi talenta. keren euy! :)

Dewi Citra Sari mengatakan...

Mbak Ipied, baru hari ini nyasar ke blog-mu, & ternyata kita sama ya ^_^

kalo dipikir-pikir dulu aku pede banget bikin komik begitu (ga cuma komik, cerita bergambar juga) & teman2 SDku aku "paksa" baca, hehehe
kalo dulu hobiku bukan sailormoon mbak, tapi Mari-Chan, :-3

ternyata ada yang lebih parah, ya mbak Ipied ini...*peace mbak..*

kalo ada waktu mampir ke blogku ya mbak

nice to be here
citra

merahitam mengatakan...

Wow. Hebat. Keren euy! Pinjaaaaaaammmmmm komikmuuu!

warm mengatakan...

wargh keren sekali !!

bikinin saya !! :D

publish di blog dong !
paling ngga ya jadiin ilustrasi tulisanmu, pasti keren

dan terusin tuh bakat, sayang disia-siakan...

*masih terkagum2*

yati mengatakan...

iri sekali saya pada sama orang yang bisa nggambar :(

keren pied, gambarmu. mau bikinin gambar buat cerita saya?
halah....

clingakclinguk mengatakan...

keren juga gambar tanganmu, pied

Chusnul Khairuddin mengatakan...

wah, jadi inget kalo dulu juga langganan tabloid hoplaa sama fantasi, sekarang udah ga ada ya?

pengen baca deh. ada komik yang udah diterbitin ga? penasaran.

dulu pas smp, saya juga suka baca tulisan bikinan temen. bukan komik c. lebih mirip dialog film, tapi ceritanya jepang banget.

tiieee mengatakan...

ih keren banget mba cingsap!!!
kalo aku jadi karakter komik, gambarnya begimana ya ;))

Fifa mengatakan...

hueee aku mau pinjaaaaaam SBPnya !! :D

miftah habib mengatakan...

cukup bagus! Terinspirasi sama sailormon ya. aq juga pertama kali terinspirasinya begitu. Perpaduan antara kartun walt disney dan sailormon..