Jumat, 29 Juni 2012

Resep Pancake Menul-menul

Entah mengapa saya selalu badluck jika memasak pancake. Pasti jadinya hanya tepung dadar goreng yang bantat dan mengempis, membuatnya jadi sedih makannya jadi terpaksa.

Sempet iri juga dengan adik saya yang pintar memasak itu. Suatu kali dia pulang ke rumah, langsung saya todong untuk memasakkan saya pancake. Serius, pancake bikinannya enak, fluffy, menul2, lembut. Padahal katanya, "loh Mbak ini aku masak sesuai resep kok!"
Selalu, memasak sesuai resep adalah jawaban andalannya, yah karena jika tidak pakai resep adikku itu gak bisa masak :p

Karena gemas, dan penasaran saya mencoba lagi bikin pancake sendiri. Saya cari resep pancake basic, dan dapetlah resep dari blognya Martha Stewart yang terkenal di jagad food blogging. Resepnya simpel, sesuai dengan peralatan saya (yang gak punya timbangan masak), baiklah mari kita coba. :)


Pancake


Bahan-bahan:
1 cup tepung terigu, (saya pake flour-raising)
2 sdm gula halus
2 sdt baking powder (karena pake flour-raising baking powder pake 1 sdt saja)
1/2 sdt gula
1 cup susu
2 sdm minyak goreng
1 butir telur besar
1 sdm minyak goreng

Topping, potongan stroberi segar, potongan peach kalengan, madu,/selai/sirup gula, gula halus, atau es krim.

Cara membuat:
  1. Di mangkuk kecil, campur tepung, gula, baking powder, dan garam.
  2. Di mangkuk sedang, kocok susu, minyak goreng, (2 sdm) dan telur. (dalam resep Martha pakenya whisk, saya gak punya jadi saya apke mixer. Pake kecepatan sedang dan tidak terlalu lama mengocoknya).
  3. Lalu masukkan bahan2 kering dari mangkuk kecil. Masih menggunakan mixer, ubah kecepatan rendah. Sampai tercampur saja.  
  4. Pada resep Martha memasak menggunakan oven, saya memilih masak menggunakan wajan anti  lengket seperti biasa.
  5. Panaskan wajan, beri sedikit minyak. Dan tuangkan adonan pancake dengan sendok sayur (1-2 sendok saja). Ratakan dengan menggoyangkan wajan. Gunakan api sedang. Balik jika sisi bawah pancake sudah berwarna kuning kecokelatan.
  6. Masak hingga kedua sisi  matang. Langsung balik wajan ke atas piring. Voila, pancake cantik dengan ketebalan menggoda sudah matang.
  7. Sajikan dengan topping sesuai selera.
  8. Resep ini untuk ukuran wajan 20cm, jadi 6-7 pancake.


Catatan:
  • Ini resep saya adaptasi dari terjemahan ngawur saya setelah baca blog Martha, saya tetap memasak menggunakan wajan anti lengket, karena masak pake oven cukup ribet buat saya.
  • Pastikan kekentalan adonan sedang, tidak terlalu encer. (pengalaman saya dari resep yang bantat dahulu hasil adonan saya terlalu encer).
  • Jika dalam resep tertulis 1 sdt baking powder, biasanya yang dimaksud ialah 1 sdt baking powder munjung. Karena kalo kurang pancake jadi tidak mengembang, tapi kalo kebanyakan malah jadi pahit :p


Hasilnya.... berhasil! :D senang! Saya akhirnya bisa bikin pancake yang menul2, tebel, empuk, seperti yang ada di resto2 pancake. Horeeeee gak perlu sering2 jajan lagi, bikin sendiri akhirnya berhasil kok :) hehehe...