Rabu, 31 Desember 2008

Kuliner di Cirebon

saya emang gak cuti tapi lumayan lah liburan tanggal merah kemarin...bisa buat jalan2 hehehe...

ibu ngajakin jenguk pakde saya yang sedang sakit di Cirebon dan setelah itu kami tidur di rumah nenek di Tegal. berangkatanya hari Sabtu pagi hari jam 9 dan pulang hari senin jam 10 pagi...

okey yang mau saya ceritakan itu iala
h wisata kulinernya... setiap pulang ke sana pasti saya selalu pengin makan makanan yang bikin saya kangen... hehehehehe

sampai di Cirebon pas jam makan siang langsunglah saya berburu Empal Gentong dan Nasi Jamblang hehehe makanan apakah itu??


empal gentong

Kalau Empal Gentong itu seperti soto tapi pake santan, ya semacam soto betawi lah ada yang jual pake jeroan ada juga yang daging saja. bedanga daging dan jaeroannya itu di masak empal. jadi tidak di masak dalam kuah secara bersama. sedangkan kuahnya di buatnya di dalam gentong tanah liat yang besar... rasanya enak banget, menggigit apalagi di tambah cabe bubuk....empal gentong biasanya di jual pagi sampe sore hari, kalo malem gak ada...untuk harga sekitar 15.000an per mangkok (ini emang mahal ato saya yang kebetulan makan di warung yang mahal ya?) saya makan di warung di jalan Tuparev


warung nasi jamblang

nah nasi jamblang makanan yang sebenarnya biasa aja sih... seperti nasi bungkus pada umumnya tapi yang beda itu sambel nya, yup sambal jamblangnya. tidak terlalu pedas dan khasnya ialah pakai potongan cabai merah besar yang kasar... sekilas mirip sambel kulit melinjo, hehehe. nah nasi putihnya biasanya dah di bungkus pake daun jambu. dan lauknya disajikan dalam baskom dan tinggal mengambilnya saja... nasi jamblang di jual pagi sampai malam hari bisa di jumpai di sudut2 kota Cirebon.kalau nasi jamblang harga mulai dari 2000, tergantung dari lauk apa yang kita ambil...


nasi Jamblang


*gambar-gambar, ku browsing lewat mbah google.maklum belum punya kamera*