Rabu, 31 Desember 2008

Kuliner di Tegal

malamnya... saya dan sekeluarga pun berangkat ke Tegal dalam hujan, ya ampun jalanan pantura kok ya dah rusak lagi sih...?? pantat sampai kemeng rasanya, hehehe....


Teh Poci

sampai rumah nenek di Tegal, wah... penginnya malah yang hangat-hangat gak pakek mandi saya langsung nge Wasgitel Teh Poci hehehe apa itu wasgitel? (wangi, panas, legi, kentel) ini slogannya teh poci merek teh poci heheheh. teh khas tegal yang penyajiannya pake poci dari tanah liat dan gula batu... biasanya kalo di warung lesehan harga sepaket minum teh poci sekitar 2000-10.000 rupiah.....
*bocoran rahasia yang bikin teh poci lebih sedep, ialah pocinya, daun tehnya kadang jarang di ganti tapi hanya di tambahi dan itu gak pernah di cuci itu yang bikin rasa tehnya mer
esap dalam pocinya*
Sauto

gak lupa saya mampirlah ke warung Sauto dekat rumah nenek saya... Sauto ialah soto ayam atau soto daging yang di siram dengan tauco dan di taburi dengan daun bawang mentah. rasanya khas karena ada siraman tauconya tapi kadang ke asinan menurutku, karena biasanya tauco itu rasanya asin tapi kalo di tambahkan kecap manis lebih enak....harganya per mangkok 6000 rupiah

esok harinya waktunya buat belanja oleh2 khas Tegal di alun-alun, saya beli
pilus dan kacang bugares...sebenarnya ingin beli tahu tegal, tapi kok harga sudah naik dan mahal, gak jadi mengoleh2i teman di jakarta dengan tahu tegal deh...

Tahu Tegal/Tahu Slawi

Tahu Tegal, terbuat dari tahu kuning yang di belah 2 dan ditempeli aci. aci tu terbuat
dari tepung tapioka yng di beri bunbu dan potongan daun kucai. di toko langganan saya beli harganya sekarang sudah jadi 1000 rupiah per tahu, padahal sebelumnya masih 700 di tahun yang sama di bulan maret...

nah malamnya saatnya makan malam dan wisata kuliner di alun-alun kota tegal, malam ini ramai karena ada panggung gembira menyambut tahun baru islam besok...
tapi saya segera langsung menuju alun2 dekat stasiun, mau makan Kupat Glabed

Kupat Glabed

menurut saya kupat glabed ini makanan miskin gizi , hihihihi... kenapa karena cuma potongan ketupat yang disiram dengan sayur tempe (yang potongan tempenya sedikit) dengan kuah santannya yang kuning dan kental, kuahnya kental sepertinya di beri maizena..pelengkapnya taburan bawang goreng dan remesan kerupik mie. paling enak di makan dengan lauk gorengan atau sate kerang. saya lebih suka menikmatinya dengan sate kerang yang manis. harga kupat glabed sekitar 5000 rupiah

masih belum kenyang... kalo belum makan nasi, hiihihihi.... akhirnya pindahlah saya ke warung sate kambing muda Tegal... saya kurang suka sate kambing tapi ya saya menemani bapak yang lagi ngidam sate kambing, *belinya jangan banyak2 pak, inget nanti sakit lho...*

Salah satu Warung Sate kambing di Tegal

sate kambingnya empuk karena dibuat dari kambing muda dengan saus kecap dan potongan bawang dan rawit makannya bisa pake nasi atau lontong. yang bikin beda, sate kambing di tegal potongannya besar-besar. dan mantab lah.. hehehehe....kalo harga heheh saya gak ikut bayar jadi lupa deh....

Sate Kambing Tegal

*foto-foto masih saya dapatkan dari browsing di mbah google hehehehe.. :-D *

sebenarnya belum semua saya tuliskan dan lampirkan foto di sini ada banyak makanan tegal yang namanya aneh2 kayak jajanan namanya Pencok, Alu-alu, Nasi Ponggol, Es Sagwan, dll kapan2 aja ya kalo saya dah punya kamera dan kembali lagi jalan2 ke Tegal... hehehehehe

7 komentar:

tedy mengatakan...

maknyusss...

oh why everbody makes me ngiler?

memang kuliner indonesia itu paling maknyuuss. beragam dan setiap ngeliat reviewnya selalu bikin ngiler kepengen nyoba....

hayoh kapan lagi ke tegal?

kencoootttt

heri mengatakan...

mampir kesini pas jam makan siang, beuhhh.....jadi makin lapar

bisa pesen ndak buat makan siang, tapi smuanya ndak pake bawang ataupun daun seledri yah

ipied mengatakan...

@heri lhe ya masak saya yang jualan?? heheheheheh terimakasih dah mampir ke tempatku.....

@tedy emang paling okeh masakan indonesia, memang kadang rupa gak menarik tapi rasa pasti maknyus dan spicy banget....

kapan ya? nunggu liburan lagi lah... hehehe

Fenty Fahmi mengatakan...

food !!! (hungry) (mmm) ...

*response gak penting* yang penting ngisi, hahahahaha (lol)

ipied mengatakan...

gak papa lagi... tengkyu @fenty

eL-schOrcho mengatakan...

kenapa ga jadi di oleh2 in tahu slawi??? hiks hiks

Dhe mengatakan...

jadi laper... jadi ngiler...