Jumat, 08 Januari 2010

Sate Klopo Suroboyo

sate klopo

Yak mari kita lanjutkan perjalanan kita di Surabaya. Dan masih tetep makan-makan *duh gw kok selama di surabaya ga jauh dari wisata kuliner mulu* wekekeke...laughing

Salah satu makanan yang juga bikin kangen ialah Sate Klopo, kalo secara bahasa artinya Sate Kelapa. Tapi... bukan berarti sate yang terbuat dari Kelapa, hehehe... melainkan Sate daging sapi yang dibumbui dan di lumuri kelapa parut berbumbu, baru dibakar diatas arang bathok hingga matang dan disajikan dengan bumbu kacang seperti umunya sate khas Madura. Dan disajikan dengan acar potongan bawang merah, dan rawit mentah. Rasanya tentu saja sedap dan nikmat! yaiyalah namanya juga sate parutan kelapa berbumbunya membuat rasa satenya menjadi unik.mmm


Saya biasa makan sate klopo di malam hari, yaitu di dekat kampus B Universitas Airlangga. Di deretan jalan Dharmawangsa. Sate Klopo disini buka malam hari. Bisa duduk di bangku dekat rombongnya, atau di sediakan tikar untuk duduk lesehan. Jenis satenya pun macam2 bukan hanya sate sapi cow tapi juga ada sate ayam chicken dan kambing dan semua daging2 itu dibumbui parutan kelapa, seperti yang tertulis di spanduk rombongnya. Kalo merasa tidak suka jika dibumbui kelapa juga bisa pesan sate biasa tanpa parutan kelapa.

Harga di sini sate (sapi) klopo 10 tusuk Rp. 8000; nasi putihnya Rp. 2000 selain nasi putih juga disediakan lontong dengan harga yang sama. Hungry

Ini bukan tempat makan sate klopo yang terkenal karena pernah masuk tipi, biasanya orang jalan2 ke Surabaya selalu mampirnya di Sate Klopo Ondomohen. di Jl Ondomohen dekat Balai Kota. Yang disajikan sama, namun harga lebih mahal. Disana 1 tusuk sate Klopo berharga Rp. 1.400 hitunganya satuan tergantung selera mau nyicip sate klopo yang jenis apa. Sate Klopo Ondomohen buka pagi hingga siang hari.

Jadi mau nyicip yang mana? terserah anda hehehe.....rasanya sama kok Evil Grin
Sampai jumpa di postingan berikutnya yaaa...

9 komentar:

christin mengatakan...

ya ampun ipiiieeddd malem2 coba bikin laper...

*pentung*

fahmi! mengatakan...

haaa... *mendadak melapar*

harto mengatakan...

asyiiik juga tuh satenya..... hmmmmm mengundang selera..... lam kenal nih....

yati mengatakan...

hmmm...saya bisa membayangkan rasanya. karena ada makanan khas di kampung yg mirip walopun tidak dalam bentuk sate. tapi ga pake bumbu kacang lagi...terlalu gurih jadinya

Iman Sulaiman mengatakan...

Mmm kayaknya enak ya sate dengan taburan parut kelapa. Penasaran pingin coba nih hehehe

liudin mengatakan...

wah menggugah selera. selamat menikmati acara kulinernya. jadi pingin lagi laper setelah jalan-jalan malam

adelays mengatakan...

Wah.. kayaknya asik juga tuh sate kloponya. Bikin saya pingin nyobain.

Boleh share lokasinya di Google maps ?
Salam Kenal, silakan berkunjung jika berkenan, Mbak Ipied.

elia|bintang mengatakan...

bawain kesini dong pied sebagai oleh2.. :p

amri mengatakan...

ini pas elo pulang kemarin ya pied?