Rabu, 11 Agustus 2010

Puasa jaman kecil (1)

Hari ini mendadak saya menjadi bernostalgia puasa jaman kecil dulu, jaman masih sekolah SD. Dulu saya sekolah di sekolah swasta muslim, yah kalo bulan Ramadhan datang pasti deh guru2 mengkondisikan kita, murid2nya untuk tekun beribadah. Tiap ramadhan selalu dibagi2kan lembar ibadah siswa selama puasaan. ada kolom sholat 5 waktunya, ada kolom puasanya, ada kolom mendengarkan ceramahnya, kolom solat tarawih, dan kolom tadarusan.



Nah masing2 kolom2 itu diisi dengan apa yang telah kita lakukan; misalnya solatnya 5 waktu atau bolong2? jadi sesudah sholat ya kita tinggal tanda tangan di kolom itu *padahal kalo mau licik bisa aja semua kolom diisi penuh kan? toh gak ada yang tahu ini hahaha*. Kolom puasa juga begitu, puasanya setengah hari atau 1 hari? Guru saya selalu memberi stiker reward puasa. Jadi kalo puasa full dapet stiker bintang nah kalo cuma setengah hari dapet stiker senyum warna merah. Pas akhir bulan kelihatan deh banyak stiker senyum atau bintangnya dan kalo banyakan stiker senyumnya bisa malulah diledekin temen sekelas. Karena pastinya jaman kecil dulu anak2 itu selalu menyombongkan apa yang pernah diperolehnya :))

Kolom tarawih juga wajib diisi, jadi otomatis tarawih saya dulu full gak pernah absen, dan saya selalu tarawih di mesjid. Kenapa bisa begitu? karena wajib meresensi khotbah di tiap tarawihnya, dan itu PR bangettt hahaha... kadang lebih sebel kalo pas sholat di mesjid yang gak ada penceramahnya jadi kadang laporan khotbahnya terpaksa saya karang karena saking takitnya dapet nilai agama jelek hahaha.... Padahal saya selamat tarawih juga gak ngerti penceramah ngomong apa, kebanyakan saya malah main2 sama temen sebaya saya atau malah saya tidur2an hihih....

Gimana saya mengisi kolom tadarusan? pas jam sekolah diwajibkan tadarusan pas istirahat siang, semua murid baca Quran bareng-bareng, biasanya 1 juz setelah itu dicatat deh progresnya dalam kolom tadarusan itu.

Gilee saya dulu alim banget ya? gimana enggak, semua murid dikondisikan seperti itu, walau sebenernya cara menulis kolom2 itu bisa saja diakal-akalin ngisinya, yah tergantung dengan kejujuran seseorang sih hihih... Eh jadi saya ini jujur banget dong yaaa atau malah saya ini takut banget berbuat salah... =)) Dulu saya masih takut, yailah takut, bisa2 nilai agama saya merah kalo saya nakal begitu dan gak naik kelas hehe wah kalo gitu kan malunya minta ampun sihhh :p
Bulan ramadhan selesai dan tibalah pengumuman siapa murid teladan pas bulan puasa kemarin. Bu guru mengumumkannya biasanya 1 dari cewe dan 1 dari cowo. yang isian kolomnya paling bagus dialah yang terbaik dan berhak mendapat sebatang coklat silverqueen dari guru saya. *yaoloh puasa sebulan rewardnya masa cuma sebatang silverqueen* =)) Apa saya pernah dapet cokelat itu? tentu tidak kan dulu saya puasa suka bolong2 antara full dan cuma setengah hari. Dulu saya gak pernah bisa full satu bulan persis. hehehe...