Jumat, 13 Agustus 2010

Puasa jaman kecil (2)



Cerita dan kenangan jaman kecil itu emang gak habis2 diceritain apalagi pas bulan puasa. Masih lanjut dari postingan sebelumnya. Sekarang saya mau nyeritain keluguan pikiran anak2 pas puasa.

Suatu siang pas jam pulang sekolah, pada bubaran sekolah dong ya. Kalo gak salah saya masih kelas 2 SD. Dulu jaman SD saya pergi-pulang ikut antar-jemput sekolah. Siang itu saat bel pulang sekolah, kami semua langsung berhamburan dari kelas menuju tempat parkiran mobil antar jemput. Ingin segera sampai rumah, biar bisa cepet tidur dan pas bangun udah magrib deh kan asik tuh ya.. :D Eh lagi semangat2nya lari menuju mobil sambil menggendong tas sekolah saya, saya jatuh. GABRUK!! Lutut saya mencium pavingan parkiran. Ternyata lutut tergores dan berdarah, perih dan pedih saya pun refleks miwik-miwik alias nangis *jiah cengengnya saya* Habis sakit sih... hiks.. Lewatlah temen saya anak cowok yang kurus, nakal dan punya kecenderungan melambai *lho* Langsung bilang gini ke saya: "Nah lo.... batal.. batal..batall puasanya batal....". Lahh kok?!

Dalam pikiran saya dan teman2 saya waktu kecil itu kalo nangis puasa batal, terus kalo sakit atau terluka itu batal puasanya. Huahahaha... ajaran dari mana pula ini kok ya ada2 aja kami menafsirkan pelajaran agama yang diterima dari guru kami. Sampe rumah saya malah sampai bertanya sama Ibu ttg batalnya puasa karena hal2 tersebut tadi. Beliau cuma tertawa dan bilang "Ya ndak batal lah" dan menjelaskan alasannya.

Jaman kecil itu polos sekali ya pikiran kita, dan gampang percaya sama banyak hal dan bikin acara puasa itu jadi menggelikan jika diingat pada masa sekarang. Kayak ada lagi yang bilang gini:

"Eh kalau puasa itu gak boleh berenang nanti batal puasanya"

Huahahaha... ya iya lah kalo berenangnya sambil minum air kolam renang ya batal puasanya.

"Gak boleh kentut, nanti batal puasanya"

Ini lebih menggelikan lagi, gaik boleh kentut tapi boleh pipis sama boker ya? Hhahaha dikiranya hal2 yang membatalkan puasa sama dengan hal2 yang membatalkan sholat.

Atau ada temen saya yang bolak balik berwudhu terus padahal gak sholat, ternyata pas berkumur wudhu itu yah setetes dua tetes air melegakan tenggorokan. Tapi ndak ketahuan, soalnya alibinya tetep berwudhu, biar kelihatan rajin sholatnya =))

"Dilarang nelen ludah batal nanti puasanya"

Jadi sepanjang hari temen saya sibuk meludah terus, huakakaka...

Nah pas saya jaman kelas 2, dulu selalu terheran2 pas solat dzuhur bareng kenapa selalu lihat kakak kelas 5 atau 6 gak ikut sholat. dia malah duduk dikursi di luar mesjid sambil ketawa cekikikan sambil makan bekal makan siangnya.

Batin saya: ' ih kok mbak2 itu ndak puasa ndak sholat ya.. ih mbak2 itu nakal deh. Aku ndak mau temenan ah sama mbak-mbak itu' Huakakaka... yak ampun sempitnya pikiran saya kala itu.. Saat itu saya masih belum paham penyebab mereka gak puasa dan sholat padahal saat menginjak saya akhil balik juga akan tahu alasannya :D

Kalo kalian hal2 konyol apa seputar puasa masa kecil yang kalian ingat?