Minggu, 26 Juli 2009

Spirited Away - Hayao Miyazaki

ya..ya.. ya... saya akhirnya nonton juga Spirited Away gelakguling telat banget ya.... biarin deh.... film ini sudah saya cari2 dari dulu dan baru bisa mendapatkan dan menontonnya beberapa bulan ini sengihnampakgigi menurut primbon Wikipedia info tentang film ini tuh gini:

Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi (千と千尋の神隠し) adalah sebuah film tahun 2001 yang disutradarai sutradara anime dan mangaka Jepang Hayao Miyazaki yang dibuat di Studio Ghibli.

Spirited Away dirilis di Jepang pada Juli 2001, menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang. Film ini memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2003 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut.

Miyazaki, yang juga menyutradarai My Neighbor Totoro (1988) dan Princess Mononoke (1997).

yip betul saya tertarik karena film ini pernah menang Oscar. saya makin penasaran karena beberapa teman saya yang sudah menonton merekomendasikan film ini untuk di tonton. okey saya semakin penasaran dan akhirnya saya simak juga film ini.



Chihiro bersama keluarganya pindah ke kota lain. mereka mencari tempat yang mereka cari namun malah berakhir di sebuah gerbang tua. mungkin lebih tepatnya gerbang perbatasan dunia arwah dan manusia. sad1 mereka memasuki sebuah desa kecil di balik gerbang itu. desa yang baru menunjukan kehidupannya di malam hari.

karena rasa lapar orang tua chihiro makan di sebuah warung yang menyediakan banyak makanan dan langsung mereka memakannya. namun chihiro takut dia merasa asing dengan daerah itu dan gak ingin makan sebelum dia tahu tempat apa yang mereka kunjungi. berulang kali chihiro memaksa orang tuanya untuk kembali, namun apa yang terjadi? mereka berubah menjadi babi.gigitjari babi berbadan bedar yang masih saja makan dengan rakusnya tanpa bisa berhenti.

chihiro berteriak terkejut dan takut, malam pun datang dan wujud kota asing itu pun terlihat. kota para arwah dengan berbagai macam makhluk dengan wujud aneh2. lalu bagaimanakah nasib chihiro dan kedua orang tuanya? bisakah dia menyelamatkan kedua orang tuanya dan keluar dari kota arwah itu?

hahaha... saya berikan resensi yang menggantung siul yup karena disitulah serunya film ini bermula. serius saya suka banget film ini, film animasi yang alur ceritanya bagus dan sangat menarik! *menjura buat Hayao Miyazaki sang pembuat*agree6

banyak hal yang bisa ditarik kesimpulan dari ceritanya, sekilas ceritanya seperti Alice in wonderland. bedanya ini Chihiro in Spiritedland ihikhik semua hal yang gak masuk akal ada disini *yaiyalah namanya juga film animasi, minta di kemplang*

eksekusi pembuatan animasinya bagus, salut dengan Stuido Ghibli. sembah

wah kok isinya cuma pujian dari saya saja yah? sumpah saya gak bisa berkata2 nonton film ini. dan cuma bisa merekomendasikan pada anda sekalian buat yang berminat untuk segera menontonnya. agree5 pesan yang kental sih ialah jangan rakus, jangan tamak dan pedulilah pada sesama.kenyit sebuah pesan sederhana yang mungkin bahkan klise kan? tapi bener2 cantik dimasukkan dalam film ini dan membuat yang menonton tidak merasa digurui. oh iya buat yang ingin menontonya bersama anak anda, film ini bagus kok. tidak banyak kekerasan, dan sarat pesan tentang bersosialisasi dengan sekitar dalam kemasan ringan. met nonton ya peace

saya kasih link buat donlot deh, kalo merasa sulit mencari dvd bajakan, rentalan atau bahkan originalnya hehesengihnampakgigi

http://www.animea.net/download/230-4571/spirited-away-episode-1.html

atau kalo mau nonton langsung disini, tapi filenya kecil dan sudah english dubbing

http://video.google.com/videoplay?docid=-6911768548239675116

kalo belum dapet di google banyak kok coba aja googling langsungihikhik

8 komentar:

Etha mengatakan...

aku ya blum nonton :D

lukman mengatakan...

hmmmm klise ya nek, ihik ihik (evilsmirk)

*setel dmasip* dududu :-"

fahmi! mengatakan...

wah aku juga suka film ini, bagus banget! :D

tedy mengatakan...

nunggu alice in the wonderland aaah....

*curipandang.com* (lmao)

kakve-santi mengatakan...

nyoba ah.. :D

dhodie mengatakan...

Cari cari ah di IDWS :D

rian mengatakan...

Nie film dah lama ku tonton.. tapi pengen lagi ah.. review yg mantap nona.. lam kenal yow

ijoitem mengatakan...

Ghibli selalu deliver, bahkan waktu kamu menontonnya di tahun 2009 sekalipun. Coba review Ponyo On The Cliff By The Sea.
Mungkin saya butam tampir hampir tidak ada yang klise dari Ghibli