Minggu, 12 Juli 2009

Macaroni/Fussili Panggang


ini pasta sebelum dipanggang

ini pasta sesudah di panggang dan dihiasi saus sambal


Hari ini nyokap dan kembarannya ulangtahun, yang ke berapa yah? Sepertinya 60 th :D (ih nyokap sendiri masa lupa sih umurnya berapa) *dikemplang*


Untuk merayakannya, saya bikin nih Fussili panggang andalan nyokap dan saya. Sebenernya sih aslinya pakai Macaroni, tapi saya ingin mencoba bentuk pasta yang lain jadi saya cobalah memakai Fussili, pasta yang berbentuk untir2 keriting.


Resep yang di pakai dasarnya sih sama, tapi saya modifikasi menurut selera keluarga :D


Macaroni/Fussili Panggang


Bahan:


250 gr Pasta Fussili/Macaroni

200 gr Daging sapi cincang

150 gr kacang polong beku

500 ml susu sapi plain cair

3 btr telur ayam, di kocok lepas

1 siung bawang Bombay kecil, di cincang halus

1 sdt garam

1 sdt gula

½ sdt merica bubuk

½ sdt pala bubuk

½ bks kaldu rasa sapi

1 sdm margarine

3 sdm minyak goreng

1 sdt cuka

100 gr keju cheddar parut

2 sdm saus sambal


Cara membuat:

  • Didihkan air 2500 ml yang telah di campur 1 sdm minyak goreng dan 1 sdt cuka. Setelah mendidih rebuslah pasta selama 8-10 menit sampai matang dan Aldente :D Setelah matang angkat dan tiriskan, dan diamkan.
  • Panaskan 2 sdm minyak goreng, di campur dengan 1 sdm margarine, sampai margarine meleleh, lalu masukkan bawang bombay cincang. Tumis sampai harum.
  • Masukan daging sapi cincang yang sudah tidak beku. Aduk2 dan tambahkan garam, merica, dan gula.
  • Setelah warna daging berubah, masukkan kacang polong yang tidak beku dan pasta kedalam wajan, aduk perlahan2.
  • Masukkan pala bubuk dan kaldu sapi.
  • Masukkan susu cair sambil terus diaduk.
  • Setelah agak mengental, masukan kocokan 2 butir telur dan aduk merata. Setelah itu matikan api.
  • Siapkan pinggan tahan panas ukuran bundar atau persegi. Oleskan dengan margarine hingga merata. Lalu masukkan pasta yang telah masak tadi kedalam pinggan dan tata. Setelah ditata siram dengan 1 btr kocokan telur dipermukaan pasta. Taburi dengan keju cheedar parut hingga penuh menutupi permukaan.
  • Panaskan oven, biarkan hingga panas, baru masukan pasta dalam pinggan. Panggang selama 20-30 menit hingga kecokelatan.
  • Setelah jadi dan matang angkat dan hiasi permukaan pasta panggang dengan semprotan saus sambal sesuai selera.

Resep ini memang hasil dari modifikasi beberapa resep yang pernah ada. Kalau di resep asli susu dan keju bisa lebih banyak dari yang saya tuliskan diatas, dan mungkin rasanya lebih mahteh, eneg karena berasa gurih susu dan keju.


Saya putar otak untuk membuat pasta panggang biar lebih ekonomis namun tetap enak. Jadi saya buatlah resep seperti diatas. Adonan saat belum dipanggang mungkin tidak terlalu cair, karena susunya tidak terlalu banyak (lebih mirip seperti fetuccine carbonara pada saat adonan masih dimasak dalam wajan). Namun karena tidak terlalu cair, adonan menjadi mudah merekat dan tidak gampang hancur setelah dipotong2 nanti :)


Keju, masalah selera ada yang mencampurkannya juga saat mengolah adonan, ada pula yang cuma menaburkan saja. Ada yang pake cheddar saja namun ada pula yang memakai mozzarella/quick melt untuk taburan. Semuanya sesuai selera, dan kreatifitas pembuatnya.


Isi bisa macam2 daging cincang sapi, daging cincang aya, daging asap, sosis, bakso, kacang polong, wortel, ataupun jagung pipilan. Semua bisa menjadi alternative campuran isi pasta sesuai dengan selera.

Berhubung keluarga suka pedas, jadi untuk hasil akhirnya, saya semprotkan saus sambal biar lebih indah dan rasa lebih pedas :)


Selamat mencoba ya…. Kalo pada mencoba dengan kreasi yang macam2 jangan lupa di posting ya…mungkin pembaca punya kreasi yang lain yang gak kalah enak ­­:D


aku mau nyicip hasil kreasiku ahhh (mmm)

3 komentar:

Fenty Fahmi mengatakan...

wuuh, mbak ini memang pinter masak :D bangga sayah menjadi temennya :p *opo se* hahahaha

tikapinkhana mengatakan...

akoh maunya dibuatin aja ama nenek gawul.. ga mau buat sendiri *bawain ya kalo pas ngumpul lagi (mmm)

t.e.3.k.4 mengatakan...

terima icip2 ga??
kirimin k bdg yah ^^