Rabu, 08 Agustus 2012

Berpantang pada saat puasa


Puasa hari ke-20 (saya kemarin ikut puasa tanggal 20 Juli) dan dalam rentang waktu ini saya baru sekali minum kopi, itupun kopi banci alias kopi sachetan, Nescafe pula mereknya.  Berbeda dengan kebiasaan saya minum kopi tubruk hitam tanpa gula setiap harinya, selama bulan Ramadhan ini pola minum kopi saya berubah. Malahan saya lebih cenderung mengonsumsi teh setiap sahur dan berbuka.

Kenapa nih? Mendadak saya jadi pantang minum kopi gini? :D Ya gak mendadak juga sih... kalo diingat-ingat Ramadhan tahun lalu pun juga seperti ini, pola minum kopi saya berubah. Ada banyak sih penyebabnya:


  1. Takut maag kambuh. Saya tahu banget kalo kopi kadang memicu asam lambung apalagi jika diminum saat perut kosong. Duh gak usah minum kopi, cuma puasa aja kadang asam lambung saya suka naik, apalagi harus ditambah kopi? :p 
  2. Waktunya gak ada, biasanya saya minum di pagi hari sembari mengerjakan kerjaan kantor sekitar jam 9 pagi saya sudah mulai menyeduh kopi saya. Lah jam segitu kan saya puasa :D
  3. Minum kopi malam setelah santap buka malah bisa2 saya tidak bisa tidur malamnya. Wah malas banget kalo sampe sulit tidur, sedangkan saya harus bangun jam setengah 4 buat menyiapkan makanan sahur, enggak deh!


Bukannya gak kangen sih dengan minum kopi, pernah suatu ketika saya berbuka dengan segelas kopi susu hangat, enak sih... tapi sejam kemudian perut agak-agak2 gimana gitu.. wah memang Ramadhan ini saya kudu libur ngopi dulu. Nanti lagi deh setelah lebaran tiba baru ngopi dilanjut lagi :)

Apa cuma ngopi saja pantangan saya? hem gak juga... saya juga pantang makan yang asam dan makanan terlalu pedas. Lagi-lagi karena menjaga suasana perut saya yang lumayan rewel pas puasa. Tapi sesekali boleh lah, toh saya juga kalo masak suka yang pedas2 di rumah :D palingan senjatanya ya minum obat maag. :)

Namun, sepertinya pantangan saya bertambah lagi nih, beberapa waktu lalu saya ke klinik kantor, minta resep dari dokter karena sakit flu dan batuk saya ini, eh kok ya si dokter tahu kalo saya punya sakit maag. Dan dia pun berpesan, jangan makan mie ya, mi apa aja yang warna kuning. Tapi kalo bihun boleh.... Yahh... :( itu juga salah satu makanan kesukaan saya, mi ayam, mi goreng, mi godhog... duh disajikan hangat enaknya bukan main... :(
Terpaksa deh absen dulu selama puasa, tapi masa sesekali gak boleh sih?? =)) *jiaaah nawar*

Emang ya, manusia kalo dikasih pantangan akan semakin menjadi buat selalu memakannya. Wong tobate, tobat sambel :)) hahahahaha...