Senin, 06 Agustus 2012

Lintingan Keju Aroma yang bikin nagih!

Biarin deh biar blog saya jadi blog resep juga nih lama-lama, soalnya saya posting reseeep mulu :D


Jadi saya mau posting resep lagi nih? Begini... Kamis lalu, akhirnya saya kopdar dengan Ratrichibi dari Bandung. Salah satu temen online yang saya kenal via plurk. Chibi ke Jakarta juga dalam rangka mau mengambil buku pesanannya setelah kalap belanja obralan di kantor saya. Hitung-hitung irit ongkos kirim dan sekalian kopdar, akhirnya Chibi main ke Jakarta. Wah sekalian dong saya titip oleh-oleh. Terlintas dipikaran saya Keju Aroma!


Keju aroma ini, salah satu menu favorit di Rumah Makan Legoh Bandung, tempat Chibi biasa kerja dan nongkrong di situ. Bolak-balik dia selalu promo keju aroma ini. Penasaran dong saya, kayak apa sih rasanya? Saya Pesan 1 kotak plastik isi 5 linting, seharga 6000 rupiah  *berasa ngeganja mainnya linting-lintingan* hahaha jangan salah lintingan yang ini juga bikin nagih! Saya mantab memesan 5 kotak. Jaga2 saya dan si mas ketagihan, jadi pesen banyak :p


Saya coba selinting, saya gigit, agak kriyuk *kalo udah kena angin agak melempem*, rasa kesan pertama diluar dugaan manis! *saya pikir malah asin* baru kunyahan selanjutnya terasa asin dan gurihnya keju di dalamnya. Eh enak juga lho... Inget dulu jaman tahun 2000an booming pisang cokelat aroma? yang biasa dijual di abang2 deket kampus atau sekolahan? nah iya keju aroma persis seperti itu, tapi bedanya lintingan keju ini kecil2 memanjang seperti cerutu dan gak sengelomoh (berminyak) pisang cokelat aroma. Rasanya enak! Wah gak salah dong saya pesen banyak, tiba2 saja saya tak sadar sudah habis berlinting-linting :))


Terlalu jauh untuk ke Bandung atau terlalu jauh untuk delivery RM Legoh? Pemiliknya malah bagi2 resepnya tuh di blog. Dan bikinnya sangat mudah :)


disimpan di wadah toples biar awet


Keju Aroma ala RM Legoh


Bahan:
Lembaran Kulit Lumpia (kulit lumpia berbentuk bulat, tipis, kering, ada di supermarket atau pasar)
Gula pasir secukupnya
Keju Cheddar dipotong memanjang sesuai selera (khas RM Legoh, kecil-memanjang)
Putih telur atau air
Minyak untuk menggoreng


Cara membuat:

  1. Ambil selembar kulit lumpia, tata keju yang sudah diiris memanjang diatasnya. Taburi gula secukupnya
  2. Gulung kulit lumpia hingga berupa lintingan cerutu, dan lem ujung kulit lumpia yang terakhir dengan putih telur atau air.
  3. Setelah lintingan banyak, lalu goreng di dalam minyak panas.
  4. Setelah cokelat kekuningan, angkat. Sajikan.

selamat menikmati.... (fotonya) :p



Tuh gampang banget kan? Dan resep ini menurut saya bisa dimodifikasi sesuka kita. Karena saya kurang suka manis, jadi bisa saja saya tidak pake gula, cukup keju saja dilinting. Atau bisa juga mengganti gula dengan susu kental manis, secukupnya. Biar rasanya manis susu keju :D Atau seorang kawan malah memodifikasi mengisi kulit lumpia dengan keju dan daging asap, walah apa ndak makin enak tuh? *ngeces* hehehe mungkin pake kornet dan keju juga oke hihihi


Rasa penasaran saya pun hilang, nemu lagi deh resep baru cemilan nan simpel. Kepikir untuk membuat ini pas lebaran nanti, kok ya sepertinya cocok buat hantaran lebaran atau cemilan menjamu tamu :)
Gimana? ada yang berminat mencoba resepnya? Siap2 ketagihan pas memakan tiap lintingannya ya! :))