Minggu, 05 Agustus 2012

Resep Ayam Suwir Pedas

Sesuai niatan saya, tiap wiken dengan testing resep baru. Hem akhirnya saya buka-buka lagi kitab *halah* memasak saya di rumah. Saya ujicoba salah satu resep yang ada di buku 240 Resep Hidangan Sehari-hari untuk 2 Bulan, Seri 1 Uji Resep Sedap. Mendadak pilihan jatuh pada Ayam Suwir Pedas... Dalam bayangan saya, ayam ini disuwir besar-besar, pedas, gurih dengan tekstur kering dan saya pikir cocok buat makanan sahur. Cuma tinggal menghangatkan saja, beres. Nah bikinnya ribet gak ya? Kalo baca resepnya sih simpel.

Ayam Suwir Pedas

Bahan:
3 buah paha ayam atas bawah, potong 2 bagian
8 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 batang serai, memarkan
6 tangkai kemangi, petik
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
600 ml santan (saya pakai 65ml santan kemasan segitiga yang dicairkan dengan air)
1 sdt air jeruk lemon/nipis
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu tumbuk kasar(kalo saya diblender semua hehehe :D)
6 buah cabe merah
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
1 sdt terasi bakar

Cara membuat:
  1. Tumis bumbu yang tadi ditumbuk/blender sampai harum. Tambahkan daun jeruk dan serai. Aduk rata.
  2. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna, tambahkan garam dan gula.
  3. Tuang santan. Masak sampai setengah matang
  4. Angkat ayam dan suwir2 kasar.
  5. Masukkan lagi suwiran ayam ke dalam bumbu. Aduk rata, Tambahkan kemangi. 
  6. Masak Sampai meresap dan berminyak.
  7. Masukkan air jeruk nipis/lemon. Aduk rata dan sajikan.

Untuk 5 porsi

Catatan:
  1. Agar terlihat suwiran ayammnya, lebih baik pake ayam paha bawah, saya pake paha atas tapi daging malah tercabik-cabik pendek dan kurang cantik. Kayaknya suwiran bentuknya lebih cantik kalo tekstur dagingnya panjang seperti daging paha bawah.
  2. Saat menyuwir, tunggu hingga dingin dulu, tapi pada prakteknya berhubung saya tidak sabaran, akhirnya saya menyuwirnya dengan garpu dan hasilnya jadi acakadut dan tidak berbentuk suwiran hahahaha :))
  3. Saya hanya pake 2 potong ayam saja, jadi bumbu saya kurangi secukupnya. Maklum di rumah yang makan kan cuma 2 orang :p
  4. Saya pakai santan kemasan kecil (yang kemasan segitiga, dan saya cairkan lagi sesuai selera) ini berpengaruh pada kuah ayamnya, kalo suka kuah sedikit cairkan saja sedikit :)
  5. Oh iya saya kurang percaya dengan percampuran garam dan gula saya, jadi masakan ini saya tambahkan sedikit masako/royco. Tapi ini secukupnya saja, biar sedikit berasa. Kalo tidak juga tidak papa :D

Resepnya mudah, tapi pengerjaannya agak lebih lama karena harus menyuwir ayam :D Memang sih hasilnya tidak kering, tapi agak basah karena ada kuah santan dan minyaknya sedikit. Tapi gak papa juga itung-itung nyoba masak yang tidak biasa, biar masakan gak melulu sop dan tempe goreng lagi hehehehe...

Silahkan mencoba ya, semoga berhasil. Kalo si mas sih suka, katanya gurih-gurih dan sedikit pedas :D cocok jika dimakan dengan nasi hangat kemepul :D