Sabtu, 29 September 2012

Resep Chicken Strip

Chicken strip kemriyuk :9

Sabtu pagi, saatnya untuk mencoba resep! :D Kali ini saya mau bikin Chicken Strip, saya pakai resep ayam goreng tepung yang pernah di share resepnya oleh Mbak Apiwi di plurk. Mbak Apiwi pake ayam potong biasa, berhubung di kulkas adanya cuma fillet dada ayam jadi saya bikin saja jadi chicken strip :D

Chicken Strip

Bahan:

1 buah dada ayam fillet tanpa kulit, potong memanjang sesuai selera.
bumbui dengan garam dan merica bubuk secukupnya.
Minyak untuk menggoreng.

Bahan pencelup:

1 sdm tepung beras
1 sdm tepung bumbu
1 sdm tepung terigu
air hangat secukupnya.

Bahan kering:

1 sdm tepung beras
2 sdm tepung bumbu
3 sdm tepung terigu
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya.

Cara membuat:
  1. Bahan pencelup dicampur dengan air hingga tercampur dan tidak bergumpal, tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair.
  2. Bahan kering dicampur jadi satu.
  3. Ambil potongan ayam, masukkan dalam bahan pencelup lalu masukkan ke dalam bahan kering, masukkan kembali ke dalam bahan pencelup dan masukkan kembali ke bahan kering sambil dicubit2 tepung dan ayamnya. 
  4. Setelah tepung menempel dengan baik langsung goreng ke dalam wajan berisi minyak yg panas. Usahakan ayam tenggelam dalam minyak :)
  5. Masak hingga kuning kecokelatan dan tiriskan.
  6. Taburi dengan bubuk cabe bila suka rasa yg lebih spicy.

Keterangan:
  • Komposisi tepung untuk adonan kering bisa menjadi acuan apabila ingin membuat dlm jumlah besar. 1 : 2 : 3 untuk tepung beras : tepung bumbu : tepung terigu. Kata mbak Apiwi komposisi ini masih berasa keras setelah matang, tapi kalo menurut saya kerenyahan pas dan tahan lama ndak mudah melempem.
  • Proses pencubitan ayam dan tepung dimaksudkan agar dapat hasil kriting-kriting seperti ayam goreng fried chicken yg di resto2 gitu... :D
  • Tepung bumbu yang dipakai bisa pakai merek apa saja, kalo saya pake Tepung Bumbu Sajiku yang Golden Crispy.
  • Bubuk cabe kalo saya pake Bon Cabe original level 10.

Nah itu resepnya, mudah kan? resepnya kuambil dari tret mbak Apiwi yang ini. Ah senang banget bisa sukses bikin chicken strip ini. Tengkyu mbak Apiwi. Selamat mencoba ya teman-teman! :D




3 komentar:

Lindaleenk mengatakan...

Aku kangen masak2 jadinya --"

Unknown mengatakan...

Masak-masaklah yang enak, kalau enah coba saya cicipin, komentar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

KAOS FULL PRINT mengatakan...

Komposisi masakan yangsangat sehat sekali bunda. Terimakasih banyak informasi nya