Selasa, 03 September 2013

Resep Tumis Cumi Asin Cabai Hijau

Partner saya paling suka banget sama cumi asin, apalagi kalo di masak tumis dengan irisan cabai hijau... waduh setiap kali makan pasti nambah. Katanya cocok kalo di makan dengan nasi hangat... hahaha iya deh iya... pun kali ini dia rikues minta dibikinkan untuk menu berbuka puasa.

Sebenernya resep tumis cumi asin cabai hijau ini ada banyak versi, dari pengolahan cuminya, bumbunya, dan bahan pendampingnya.. :) kali ini saya mau sharing hasil resep saya modifikasi dari resep di detikfood.


Resep Tumis Cumi Asin Cabai Hijau


Bahan:
250 g cumi-cumi asin ukuran kecil
3 sdm minyak sayur
6 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
75 g cabai hijau keriting, iris kasar (saya pakai cabai hijau besar)
5 buah cabai rawit merah, iris kasar (gak pakai, lagi kehabisan)
¼ cm jahe, iris halus (saya geprek saja)
½ cm lengkuas (saya geprek)
100 g buncis, potong 3 cm (saya ganti dengan 1 buah oyong)
1 buah kaldu dadu rasa ayam, remas
150 ml air
½ sdt merica bubuk
½ sdt garam

Cara membuat:
  1. Rebus cumi asin dengan air secukupnya hingga empuk. Tiriskan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu.
  3. Masukkan cabai, jahe, lengkuas dan cumi asin.
  4. Masukkan potongan oyong dan masukkan bumbu2 lainnya.
  5. Beri air dan masak hingga oyong empuk. Dan sampai kuah agak berkurang.
  6. Sajikan hangat.
Catatan: 
  • Ternyata mencampur cumi asin dengan sayur oyong okeh juga lho... :D masih cocok!
  • Perebusan cumi asin di awal memasak membantu mengurangi rasa asin pada cumi. 
  • Kalo saya sih tidak menambahkan garam lagi saat memasak karena biasanya rasa asinnya sudah cukup.
  • Selamat mencoba resepnya yaaaa :)