Rabu, 12 November 2008

Atonement review


Film yang saya tonton kali ini diangkat dari cerita novel dengan judul yang sama. Di sutradarai oleh Joe Wright (Pride & Prejudice) meraih banyak penghargaan di belasan penghargaan dunia film, salah satunya 7 nominasi Academy Award 2007. terus terang saya jarang nonton film drama dengan seting masa klasik, tapi saya coba buat menontonnya.

Bercerita tentang kehidupan Briony Tallis, yang merasa bersalah karena membuat pernyataan palsu sehingga mengubah kehidupan ke dua orang yang ia sayangi. Briony di ceritakan melihat kakak perempuannya , Cecilia sedang bercumbu dengan Robbie, anak kepala rumah tangga keluarga bangsawan Tallis. karena sebuah pernyataan seorang anak perempuan teman Briony yang mengaku di perkosa oleh Robbie, Briony menjadi saksi mata dan bikin pernyataan yang sebenarnya gak dilihatnya.

Briony salah mempersepsikan banyak hal, dan dia malah bikin pernyataan palsu ke kepolisian. Hidup Cecilia dan Robbie langsung berubah drastis. Robbie di penjara, semua berubah dan cerita bergulir dengan cepatnya.

Saya pikir cerita film ini cemen banget, sederhana dan terkesan gak penting. Tapi ternyata untuk mengungkapkan kebenaran kok bisa menjadi sulit setelah bertahun2 di pendam. Dan saat berkata jujur sudah tidak mudah karena ada banyak penghalang.itikad baik sudah tidak dihiraukan. Hingga rasa bersalah terus menumpuk dan jadilah sebuah penyesalan yang mendalam yang di tuangkan lewat novel berjudul Atonement. dan ternyata kenyataan tidak sesuai dengan harapan dan lebih menyedihkan....