Rabu, 19 November 2008

Little Miss Sunshine


film yang unik, drama dengan sentuhan komedi. keinginan Olive si gadis kecil di sebuah keluarga yang aneh yang ingin mengikuti kontes kecantikan untuk anak2 Little Miss Sunshine..

keluarganya aneh, sumpah aneh... nyokapnya ya terlihat seperti nyokap pada umumnya, namun kurang pandai mengurus rumah. bokapnya adalah seorang motivator gagal yang mempunyai konsep 9 langkah untuk menang dan membenci seorang pecundang, pamannya yang gay baru saja selamat dari usaha bunuh diri karena patah hati, kakaknya penganut aliran Nietzsche memutuskan untuk diam dalam hidupnya sebuah janji yg dilakukan agar ia bisa diperbolehkan masuk akademi penerbangan. dan sang kakek mesum yang masih saja menghisap heroin di usia setua itu.

karena olive lolos seleksi dan bisa menuju babak semifinal di daerah kalifornia maka merekapun berangkatlah ke sana dengan mobil vw combi kuning mereka. perjalanan yang jauh yang berisi berbagai macam konflik dan masalah di tiap personal. dan hingga akhirnya mereka berhasil mengantarkan olive ke kontes kecantikan itu.


film yang menarik, komedi, drama namun berisi ironi, banyak sindiran di dalam film itu. terutama tentang kontes kecantikannya, yang di ikuti oleh anak2 usia esde tapi penilaian dan kemasanya persis seperti kontes kecantikan miss universe. sumpah saya shock melihat anak2 yang masih kecil itu pake bikini, jalan megal-megol berasa mereka punya payudara dan pantat (seksi juga enggak) rambut yang di sasak tinggi, dan make up yang ya ampun menor abis gak sesuai usia mereka. hilang seketika wajah kanak2 mereka.

industri beauty peagent yang bikin natural kanak2 mereka hilang.. entah ini sebuah sindiran denagn banyaknya bisnis kontes kecantikan di amerika sana... tapi rada miris juga membayangkanya... (saya jadi malah ingat dengan ajang pencarian bakat anak2 di indonesia), berapa banyak sih mereka yang naik panggung dengan baju kanak2 normal dang menyanyikan lagu anak2? setahu saya sekarang udah gak ada lagi lagu anak2 yang muncul dan berkualitas...

boleh lah film ini ditonton, lucu kok dan menghibur, masalah yg di tampilkan juga gak terlalu banyak dan sayangnya gak di bahas terlalu dalam, yah khas film drama keluarga lah..namun bukan konsumsi anak2...