Selasa, 17 November 2009

Festival Film Pendek Konfiden 2009



Tahun ini kembali FFPK berduka, setelah tahun lalu film yang lolos seleksi Festival Film Pendek Konfiden hanya 18 film tahun ini semakin menipis. Hanya 10 film saja dari 121 film masuk! Miris, dan sedih itulah yang dirasakan Yayasan Konfiden sebagai pembuat festival ini. Kualitas yang menurun, dan semakin jarangnya hal baru, juga kualitas film pendeknya. Juga yang lebih berduka lagi ialah tidak adanya Film Dokumenter yang lolos tahun ini dalam 10 nominasi film tersebut.

Namun Konfiden FFPK tetap harus terlaksana dan besok tanggal 19-22 November 2009 FFPK dilaksanakan di Galeri Cipta 3 dan Kineforum Taman Ismail Marzuki.


Program dalam FFPK ini ialah ada 3 buah program kompetisi, 3 program khusus nonkompetisi (program yang ini ialah beberapa film yang bagus, namun tidak lolos seleksi, namun layak tayang), 1 program film pendek prancis, 1 program pembuka dan 1 forum film pendek.

Jadwal acara ialah:
19 november:
pembukaan FFPK 2009

20-21 november:
pemutaran program kompetisi & khusus

22 november:
forum dan penutupan FFPK 2009

ini hanya jadwal singkatnya, untuk jadwal lebih lengkapnya bisa ditengok di sini. dan nonton FFPK ini GRATIS!


Berikut ialah lampiran Program kompetisi Festival Film Pendek Konfiden 2009 (diambil dari situsnya Konfiden.org), beserta sinopsis 10 film yang masuk dalam kompetisi. Yang mana film favorit Anda? ayuk kita tonton dan dukung mereka dengan memberi poling film favorit. Penilaian film kompetisi ini selain menggunakan penilaian dari dewan juri, juga ada penilaian dari penonton menggunakan poling penonton yang menghadiri festival ini.



Program Kompetisi

Program Kompetisi 1:

Sejarah

Total Durasi: 65.00
Klasifikasi: 15+
Diputar:
1.Jumat, 20 November 2009 pk. 19.30
2.Sabtu, 21 November 2009 pk. 13.30

Fronteira

fronteira_tn
Emil Heradi | FFTV-IKJ | Jakarta
Fiksi | 2008 | 26.00

Seorang tentara Timor Leste dan tentara Indonesia terjebak di ladang ranjau. Percakapan panjang terjadi...

Sabotase

sabotase_tn
Hadrah Daeng Ratu | FFTV-IKJ | Jakarta
Fiksi | 2009 | 15.00

Penggusuran dan penempatan lahan tidak resmi memicu terjadinya konflik antara pemilik lahan dengan warga. Hal ini memicu tindak sabotase berupa penghancuran dan pengusiran pada warga setempat.

Tan Malaka

tan_malaka_tn
Erik Wirawan | FFTV-IKJ | Jakarta
Fiksi | 2008 | 24.00

Tan Malaka adalah seorang aktivis pejuang nasionalis Indonesia yang sangat kontroversial. Baik di mata penjajah Belanda maupun di mata pemerintah Indonesia pada masa itu (setelah 1945).

Kompetisi 2:

Waktu

Total Durasi: 62.30
Klasifikasi: 15+
Diputar:
1.Jumat, 20 November 2009 pk. 16.30
2.Sabtu, 21 November 2009 pk. 15.00

Sampai Besok

sampai_besok_tn
Lucky Kuswandi, Naya | fridayni8htfilms | Jakarta
Fiksi | 2009 | 24.00

Sepasang kekasih muda menghabiskan hari terakhir mereka bersama di dalam rumah, menjalankan rutinitas mereka seperti biasanya dengan harapan agar hari esok tidak akan tiba.

Nemesis

nemesis_tn
William Chandra | RGB Pictures | Jakarta
Fiksi | 2009 | 14.10

Sebuah ketidakadilan, di mana hukum berat sebelah. Sehingga seorang bapak menuntut keadilan dengan caranya sendiri terhadap anak seorang pengacara mapan yang telah memperkosa anak perempuannya.

The First Nation on Mars

the_first_nation_on_mars_tn
Nala | FFTV-IKJ | Jakarta
Fiksi | 2008 | 08.20

Sam, seorang astronot Warga Negara Asing melewati perjalanan ke Mars bersama rekannya Ben yang bertugas sebagai pendokumentasi. Ketika tiba di Mars Sam merasa sangat bangga akan dirinya dan Amerika yang sudah dapat sampai ke Mars sebagai yang pertama. Namun penelusuran mereka di Mars tidak berjalan mulus.

Hide and Sleep

hide_and_sleep_still_tn
Ismail Basbeth | Hide Project | Yogyakarta
Fiksi | 2008 | 16.00

Ramlan kebingungan ketika mendapati beberapa wanita dalam kamarnya saat bangun dari tidur. Dalam ingatannya, dia tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi semalam. Semua terlihat aneh dan janggal. Mungkinkah Ramlan menemukan penyebab kejadian ini?

Kompetisi 3

Kenangan

Total Durasi: 59.00
Klasifikasi: 15+
Diputar:
1.Jumat, 20 November 2009 pk. 13.30
2.Sabtu, 21 November 2009 pk. 18.00

Kabar Gembira

kabar_gembira_tn
Nicholas Yudifar A.W. | FFTV-IKJ | Jakarta
Fiksi | 2008 | 23.00

Nazarudin, 50 tahun, seorang supir mobil jenazah yang menerima kabar dari istrinya bahwa putra pertama mereka akan segera lahir bermaksud pulang ke kampung halamannya di Lampung. Namun ia masih harus mengantar satu jenazah lagi ke Pandeglang yang kebetulan alamatnya searah dengan kampungnya.

Hujan Tak Jadi Datang

hujan_tak_jadi_datang_tn
Yosep Anggie Noen | 56 Films | Yogyakarta
Fiksi | 2009 | 16.00

Sepasang pegawai toko perabot rumah harus mengantarkan sofa kepada pembeli. Tapi mereka terjebak dalam situasi perselingkuhan yang tidak matang. Si lelaki menyukai si perempuan yang juga sedang mencoba mencari tahu tentang perasaannya kepada si lelaki. Di sofa mereka menguak kebenaran-kebenaran itu.

Anak-anak Lumpur

anak_anak_lumpur_tn
Danial Rifki | FFTV-IKJ | Jakarta
Fiksi | 2009 | 20.00

Cerita tentang anak-anak korban lumpur panas Lapindo yang berusaha mempertahankan "harta" yang masih mereka miliki.

Postingan ini juga saya posting di Bicarafilm.com

11 komentar:

yati mengatakan...

harus nonton ini.....! ajakin ya, jangan lupa

rizakasela mengatakan...

beli tiketnya ngantri kayak ngantri 2012 gak?
______________________________________________
Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

Amink mengatakan...

semangat pagiii...

jakarta hujan hari ini...

Berkunjunga ajah...

Kabasaran Soultan mengatakan...

nice info .
Jadi tertarik nih.
Tan Malaka adalah tokoh idolaku.

Admin mengatakan...

Duh! begini ini kalo jam kerjanya malem..gak bisa ikutan acara2 di malem hari :( :(

elia bintang. mengatakan...

lo penggemar film2 pendek independen gini ya pied? emang bagusnya itu dmn ya? penasaran jadinya..

dhodie mengatakan...

Nice info nih Pied.. thanks yaw.

eniwei rumah baru koq gak bilang bilang? Ayo selamatan (baca: traktiran) (hungry)

Adianto Wibisono mengatakan...

Saya udah 2 tahun gak nonton bioskop :)) Terakhir waktu ada teman nebeng nginep dirumah dan bisa dititipin anak :P Nice review :)

yati mengatakan...

bikin postingan daftar pemenang dong pid :p

cynthinks mengatakan...

wah informatif nih :) *sayang ga bisa liat*

omdimas mengatakan...

nice blog ! tukeran link yuk ...