Sabtu, 19 Desember 2009

Garang Asem Resep Ibuku

jadi wiken ini saya banyak menunaikan janji saya sama teman2 saya, janji masakin puding buat Tikapinkhana, si ngaku-ngaku cicit yang riwil, ngasih sajen buat supir Lukmandisini, dan pesanan resep Garang Asem untuk nenek Merahitam. ihikhik

Saya mau berbagi resep Garang Asem ibu saya, ternyata makanan seenak dan semenggigit itu bumbunya sangat mudah dan masaknya pun sangat mudah. kenyit


Garang Asem

Bahan:
  • 1 ekor ayam (potong kecil-kecil)
Bumbu:
  • 3 siung besar Bawang merah
  • 2 siung Bawang Putih
  • 2 buah Cabe kriting merah
  • 2 buah Cabe hijau
  • 10 buah Cabe rawit utuh
  • 5 buah Belimbing wuluh
  • 3 lembar Daun Salam
  • 2 iris Laos
  • Garam dan gula secukupnya
  • Santan encer/setengah encer: dari 1/4 butir kelapa, atau dari santan kemasan Kara yang segitiga dicampur dengan segelas air.
Pembungkus: Daun pisang yang panjang dan lebar.

Cara membuat:
  • Ayam di cuci bersih, lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar selama 15 menit, lalu cuci bersih.
  • Bw merah+bw putih+cabe (kecuali rawit)+belimbing wuluh+laos semua bahan di potong2.
  • Campur ayam dan bumbu (yg dipotong maupun enggak) +santan. lalu bungkus dengan daun pisang. setiap bungkus diisi 1 atau 2 potong ayam.
  • Kukus di dalam dandang selama setengah jam.
  • Sajikan selagi hangat.
oh iya berhubung nyari daun pisang panjang di jakarta agak susah *kecuali kalo mau niat beli banyak di pasar tradisional* jadi biasanya ibu saya mengakali dengan mengukus bahan2 garang asem dengan mangkok anti panas, atau rantang. nah bahan2 itu dimasukkan dalam mangkuk tadi di aduk dan tutup dengan selembar daun pisang. setelah itu kukuslah dalam dandang selama setengah jam, jadi dehh... Jadi lebih irit bakai daun pisang kan? tapi mungkin aroma yang dihasilkan daun pisang jadi tidak semenggigit kalau di bungkus daun pisang. senyum

gambar diambil dari sini

12 komentar:

luvie mengatakan...

mauuuuuuuuuuuu..

*nunggu di kasih matengnya*

Dhe mengatakan...

wah enyaknya.. :(
mau pied.. mau banget! [tp kapan gw bs masak yah.. wkeekkeke]

memeth mengatakan...

ini garang asem gagrak klaten ya, pake santen? kalo aku demen yg bening. jd kuahnya adl jus-nya alias kaldu si ayam. karena itu harus ayam kampung biar lejat, ga amis. ^^

*nunggu ipied ngiming2i lewat plurk lagi* :P

elia|bintang mengatakan...

cobain dong garang asemnya, pied.. kpn gue dibikinin? haha

hadidot mengatakan...

glekkk,kenapa pada mosting makanan semua sih para blogger belakangan ini?? bikin laper aja,huhuhu...

devieriana mengatakan...

hwaaa... mawuu.. Aku belum pernah makan garang asem. Itu rasane piye sih? ada asem-asemnya gitu ya? Kan ada blimbing wuluhnya? Iya ya?
*ngeces*

Rizal mengatakan...

hemmm.. jadi lapar nih pagi2 minggu ...
kalau pinter masak ntar disayang mertua lo ..
salam buat mamanya yaa .. :D

dennyeko mengatakan...

buka warung makan aja yuk... *otak bisnis mulai mencium bau duit bukan bau makanannya* :-p

_bee_ mengatakan...

saya yakin rasanya segarang judul masakannya gan...

Aubrey.ade mengatakan...

wiiiiy, peluk2 ipied dulu...aku suka nih, garang asem!

O,jd begini ya, cara gampangnya..okeh, tengkyu pied, praktekkin ach :)

tikapinkhana mengatakan...

Thanks buat pudingnya *baru mulai blogwalking lagi*, pudingmu enak dan seger..pas banget waktu itu cuaca lagi panas-panasnya

Shofia Aniisa mengatakan...

aku nyontek resepnya mbak...
makasiih...