Senin, 12 Agustus 2013

Rasanya Lebaran tahun 2013 ini...

Lebaran pun tiba! Ini lebaran kedua saya bersama suami. Dalam bayangan saya Lebaran kali ini pasti akan lebih berkesan apalagi sudah ada Bocil dalam perut saya, terus udah membayangkan kalo akan berLebaran di Jakarta saja, jadi nanti palingan mudiknya akan ke Cinere. Masak2 menu Lebaran di Cinere dan akan menikmati kue-kue buatan si adik. Eh ternyata itu cuma angan saja.... ternyata si Babeh malah dibelikan tiket mudik ke Surabaya sama si om. Saya sebenarnya harus ikut tapi apadaya tiketnya di tanggal yang gak oke buat orang kantoran seperti saya. Tiket tertanggal 30 Juli, weleh saya ndak bisa cuti selama itu.

Buyar sudah angan saya, Lebaran sama keluarga. Akhirnya saya benar2 Lebaran berdua saja (itungannya berempat sih ples Bocil dan Ciput) :p Berhubung ternyata hari Lebaran nanti bakal jadi tempat berkunjung teman2 pegawai si mas yang gak mudik, saya pun berinisiatif masak untuk Lebaran ini. Bikin ketupat, bikin opor dan bikin sambal goreng printil. Wih niat bener itu... emangnya saya bisa? :)) Saya blum pernah bikin itu semua sendiri, hahahaha baiklah mari kita coba, jarang-jarang nih saya masak makanan bersantan.

H-1 saya jalan pagi sekalian mampir pasar dekat rumah bareng si mas, pasar pagi itu sangat umpel2an, penuh dengan pembeli yang mau belanja buat Lebaran besok. Saya beli ayam potong, bumbu opor kuning dan bumbu sambal goreng di tukang racik bumbu giling. Serta belanja kentang dan bahan2 makanan untuk seminggu kedepan, berjaga2 pasar akan tutup selama beberapa hari. :) Untuk daging, saya sudah beli daging giling sehari sebelumnya di pasar swalayan.

menyiapkan beras yang sudah direndam 30 menit dan selongsong ketupat yang di beli di pasar.

mencoba merebus ketupat dengan slowcooker, ternyata cuma muat 4 buah ketupat untuk kapasitas Takahi 1,2L hahaha....

Sampai rumah mulailah saya membuat, di mulai dengan bikin sambel goreng printil, saat mengolahnya pas saya puasa jadi agak asin sedikit, pedasnya mantab! (wah boleh juga nih beli bumbu di tukang bumbu giling ini). Terus saya lanjut masak ketupat, hasil googling, ternyata masak ketupat relatif lama ya waktunya, sekitar 4 jam merebus ketupat. Inginnya saya masak pake slowcooker saja biar bisa ditinggal2 eh tapi sepanci slowcooker cuma muat 4 buah ketupat saja, sisanya saya rebus di panci besar. Eh kok ya ditengah2 merebus sempat2nya kehabisan gas! jadi ngerebusnya terpaksa bersambung setelah gas datang. :|

Sembari ngerebus ketupat saya mengolah opor ayam, sungguh baunya menggoda banget! harum dan mantab! padahal ini baru saya cicipi lewat aroma, pas adzan Magrib baru saya cicipi opornya dan rasanya pas, dengan warna kuning yang saya harapkan :D Puas saya dengan masakan perdana saya ini. Sekitar jam 5 sore pun ketupat sudah matang semua, langsung saya tiriskan, siram air biasa dan gantungkan di ruang makan. Ah ketupat mungil2 saya sudah jadi juga... siap untuk Lebaran esok.

Malam takbiran saya dan si Mas dan kawan bermalam takbiran di IMAX Kelapa Gading, hihihihi iya nonton Pasific Rim, duh semenjak puasa saya jarang nonton dan baru kesampaian sekarang, dan rasanya puas bisa nonton bioskop (pas puasa mau nonton bioskop pasti batal mulu gara2 jadwalnya gak cocok) Xp Pulang larut dan saya pun langsung tepar, dengan perut kencang akibat terlalu kelelahan. 

8 Agustus 2013

Allahu Akbar, Allahu Akbar... Allahu Akbar.... takbir berkumandang, saya bangun dengan malas, (badan sakit2 juga sih...) bergegas buat solat Ied dekat rumah. Dikarenakan bangun agak terlambat jadinya kami sholat Ied di komplek saja yang bisa ditempuh dengan jalan kaki. Baru sadar setelah saya dan si Mas menempati shaf masing2... kali ini saya sholat Ied sendirian :'( Jadi kangen ibu, kangen bulik, kangen nenek, kangen keluarga besar yang biasanya menemani saya sholat di bagian shaf perempuan.... Ini pertama kali saya sholat Ied sendirian... (walau pun ditengah ratusan jemaah lainnya). Tapi rasanya terasa sepi banget... (mulai deh rasa mellow saya kumat) hampir saya mewek di tengah sholat... usai sholatpun saya bersalaman dengan ibu2 disekitar yang tidak saya kenal, berusaha membaur dan menikmati 'rasa berLebaran bersama sesama Muslim'. Sampe si Mas datang dan saya pun cium tangan, meminta maaf...

hasil karya perdana nih, ketupat padat siram opor ayam dan sambel goreng printil kentang, tak lupa kerupuk udang.

Sampai rumah saya segera menyiapkan hidangan, menghangatkan opor ayam dan sambal goreng printil kentang, tak lupa sempet2nya saya nggoreng kerupuk udang dulu (biar makin berasa Lebaran-nya) :)) hahaha.... sementara si Mas motong2 kupat bikinan saya yang kerasnya minta ampun, hahahaha.... ternyata takaran beras saya masih terlalu padat untuk ketupat saya. Saya ternyata masih belum paham sama karakter beras yg saya pakai hehehe.... namun ketupat saya masih bisa dimakan kok, walau memotongnya butuh perjuangan hehehe....

Sebelum menikmati hidangan saya dan si Mas telpon ibu, bapak dan mama mertua dan bapak mertua, mengucapkan Selamat Lebaran, juga berlebaran sama si adik juga... yak ampun ini rasanya ya... lebaran jauh dari keluarga hehehe :D terharu2 gimana gitu... momen ini berasa sangat lama dan panjaaang banget.. berasa Lebaran di tanah rantau, padahal ya saya di kampung halaman sendiri :D 

Yah itu cerita Lebaran saya kemarin... sungguh berkesan karena berasa sendirian, meskipun saya sudah menyeting suasana di rumah tampak seperti Lebaran, seperti hidangan, bersih2 rumah, open house di rumah,  gak pake mudik, dan benar2 cuma di Jakarta saja bareng si Mas :D Kalau kamu gimana rasa Lebaran kamu tahun ini? :)