Senin, 05 Agustus 2013

Resep Kaastengel ala Blue Band

Menjelang Lebaran, membuat kue kering itu hal yang ingin-ingin tapi malas rasanya buat saya lakukan. Apalagi jika gak ada yang bantuin masak dan perut lagi hamil besar begini. Rasanya malas karena sudah pasti capek banget! Bikin kue kering itu masaknya membutuhkan proses (biasanya proses pemanggangannya yg lebih lama karena saya cuma punya oven listrik kecil Xp) tapi ngabisinnya paling cepet. Lap, lep, lap, lep tahu2 belum sampai lebaran satu tolpes kue sudah habis saja. Hahahahaha.... :D

Akan tetapi saya merasa geregetan nih dengan harga kue kering yang mahal banget harganya, masa beli lagi? Kemarin kan sudah beli... (yang tentu saja sudah habis pula kukernya padahal belum juga lebaran) :))) Saya jadi berniat mengisi ulang toples2 yang kosong itu! :D

Saya dan partner suka banget Kaastengel, iya kue keju ini selalu jadi rebutan kalo ada di rumah. Nah saya mau coba bikin ini ahh :) Saya menggugling resep Kaastengel di website Blueband, menurut saya resepnya praktis dan sederhana, rasa juga enak! Tapi seperti biasa dong, saya modifikasi sesuai dengan ketersediaan bahan2 di rumah :)




Resep Kaastengel ala Blue Band


Bahan: 
Blue Band Cake and Cookie 125 gr (ini margarin keluaran blue band yg lebih enak dipake buat baking)
2 buah kuning telur
Tepung terigu 150 gr
Tepung maizena 25 gr
Keju Edam parut 100 gr (saya pakai keju cheddar ukuran 180 gr jadi keju cheddar saya parut)
Keju Gauda parut 100 gr (tidak pakai)
Baking powder 1/4 sdt
1 buah kuning telur untuk olesan



Cara memasak:

  1. Kocok Blue band Cake and Cookie dengan 2 kuning telur hingga putih dan mengembang.
  2. Campur terigu dan maizena, baking powder, ayak dan sisihkan.
  3. Masukkan keju parut ke dalam kocokan margarin blueband, aduk rata.
  4. Tambahkan campuran tepung tadi dan aduk rata sebentar.
  5. Simpan adonan yg telah bergumpal ke dalam kulkas +/- 30 menit.
  6. Giling adonan setebal 6 mm dan cetak dengan cetakan kaastengel.
  7. Susun di atas loyang yang telah dialasi baking paper, tak lupa oleskan kuning telur diatasnya dan taburkan keju parut.
  8. Panggang dengan suhu 175 derajat Celcius selama +/- 25 menit.



Catatan:

  • Yup ini resep versi saya, yang sudah saya modif menjadi lebih ekonomis. Pake keju cheddar pun tak masalah, masih berasa kejunya, walau mungkin tidak semantab jika dengan keju edam. 
  • Bikin kue dengan margarin blue band yang edisi cake and cookie ini bikin kue jadi haruuum banget, serasa masak pake butter hehehe...
  • Resep ini cukup untuk menghasilkan 1 toples kue. (toples plastik mika kuker yang bundar).
  • Kue kaastengelnya renyah dan gurih, sebelum masukkan ke dalam toples jangan lupa didinginkan dulu.