Senin, 05 Agustus 2013

Resep Choco Chips Almond Cookies Super Renyah

Lebarannya sebentar lagi dan edisi #jajalresep nya makin dikebut apalagi wiken kemarin, 3 dan 4 Agustus sudah wiken terakhir menjelang Lebaran. Dalam 2 hari itu akhirnya saya ngebut #jajalresep 2 macam kue kering. Pertama saja menjajal resep kue kering Kaastengel, dan yang kedua saya bikin kue kering manis yaitu Choco Chip Almond Cookies.

Untuk resep saya browsing resep yang katanya menghasilkan jenis kukis cokelat yang renyah, bukan yang chewy. Saya penyuka kukis cokelat yang renyah macam seperti GoodTime Cookies :D Melihat resepnya agak banyak elemen yg harus diolah, namun dari segi proses cukup gampang pembuatannya dan diluar dugaan hasilnya buanyaaaakkk banget! 1 resep bisa jadi 3 toples plastik mika kue kering. Ho..ho... rumah saya berasa Lebaran beneran, mendadak ada banyak toples kue kering berjejer di meja keluarga dan meja tamu hihihi... :D


Resep Choco Chips Almond Cookies super Renyah

Bahan: 


Campur, aduk rata dan ayak:
225 gram terigu protein sedang atau protein rendah
1 sdt garam
1 sdt baking soda (saya pakai baking powder)


Kocok dengan mixer sampai creamy:
127 gram butter unsalted (saya pake Blue Band cake n cookie) dinginkan dalam kulkas.
1/4 cup minyak sayur
150 gram gula halus (bila bergumpal, diblender dulu)
44 gram gula palem (atau brown sugar jika ada)


1 sdt vanilla extract (kalau tidak punya yang extract, tidak usah diganti apa-apa)
1 sdt air
2 telur ayam utuh
1 1/2 cup choco chips
250 gram kacang sesuai selera (mede, almond, hazelnut, atau lainnya – pastikan sudah memanggang kacang sebelum digunakan dan cincang kasar)

Cara membuat:
  1. Panaskan oven suhu 170 C. Siapkan cookie sheet atau loyang datar. Lapisi dengan baking paper.
  2. Kocok pakai mixer sampai creamy: butter, minyak sayur, gula halus dan gula palem. Masukkan saja semua bahan tersebut sekaligus ke dalam bowl. Jangan tanya berapa lama ngocoknya karena tergantung mixernya. Pokoknya lihat saja sampai campuran butter dan kawan-kawannya ini berubah menjadi putih dan mengembang ringan. Ohya untuk hasil kocokan yang sempurna, aku sarankan untuk memblender halus gula palemnya karena gula palem biasanya masih berbentuk butiran yang rada kasar. Jangan lupa dinginkan dulu butternya di kulkas, kalau butter diganti margarin juga bisa tapi akan ada sedikit perbedaan tekstur dan rasa.
  3. Setelah campuran butter menjadi creamy, masukkan telur, vanila extract dan air. Lalu kocok rata.
  4. Masukkan bertahap campuran terigu yang sudah diayak. Aduk rata menggunakan spatula.
  5. Masukkan choco chips dan kacang, aduk rata dengan spatula.
  6. Cetak dengan sendok teh, panggang kurang lebih 25 menit. Keluarkan cookies bila pinggiran cookies sudah berubah kecoklatan sementara bagian tengahnya masih kekuningan. Tapi ini tergantung selera karena ada juga yang lebih suka bila cookiesnya rada over-baked. 


Catatan:
  • Berhubung oven listrik saya kecil, jadi sekali baking cuma muat 2 loyang saja dan tiap loyang menghasilkan 9 kukis. Jadi bayangkan berapa kali saya mengovennya karena kue ini hasil jadinya banyaak sekali :D
  • Untuk suhu panas oven saya rasa 170 derajat C sudah cukup, hanya waktu panggang jika tidak mau terlalu gosong dan bentuk masih agak menarik saya sarankan panggang 15 menit saja. 
  • Pada saat penataan adonan di atas loyang beri jarak yg jauh karena kukis akan melebar ke mana2.
  • Saat membentuk adonan bentuk saja kecil2 karena itu saya pakai sendok teh, toh hasilnya nanti lebar juga :D
  • Setelah kukis matang, pindahkan kukis ke rak kawat untuk didinginkan dengan menggunakan spatula. Hati2 karena kukis masih agak lembek karena panas.
  • Kacang yang saya pakai kacang almond yg telah dipanggang dan dicincang, namun cuma ada 70gr saja tak sampai 250gr. Sepertinya lebih mantab jika kacang banyak, karena akan lebih berisi kukisnya pada saat matang :)
  • Setelah kukis dingin, segera simpan di toples rapat yang kedap udara, agar bertahan kerenyahannya :)
Selamat mencoba ya kawan, sungguh masak kukis ini sungguh menyenangkan :D kalo takut kebanyakan ya sekali masak mungkin bisa setengah resep saja :D Hitungan gram bahan bakunya harus jelas tapi ya... hehehe....
Resep saya ambil dari blog ini.