Minggu, 04 Agustus 2013

Resep Chocolate Oatmeal Cupcake

Setelah sebelumnya posting cupcake gurih/asin, pengin rasanya nyoba resep cupcake manis. Saya pilih yang klasik saja, yang akan selalu disuka yaitu cupcake dengan rasa cokelat :P 


Resep Oatmeal Cupcake


Bahan:

30 g oatmeal (saya pake yg instan)
125 ml susu cair (saya pakenya air panas biasa)
150 g gula pasir
60 g margarin
1 butir telur
1/2 sdt vanili bubuk
65 gr tepung terigu
1/4 sdt baking powder
10 g cokelat bubuk
50 g choco chip
Kacang almond cincang sesukanya (tambahan saya)


gambar sebelah kiri, oatmeal dilarutkan dulu dengan air/susu teksturnya menjadi kental dan lengket.


Cara membuat: 

  1. Campur tepung terigu, vanili bubuk, baking powder, dan cokelat bubuk. Aduk rata, ayak, sisihkan.
  2. Panaskan susu cair, masukkan oatmeal, aduk rata. Diamkan selama 20 menit. (Susu cair saya ganti dengan air panas saja) :)
  3. Kocok margarin dan gula pasir hingga gula larut.
  4. Tambahkan telur, kocok rata.
  5. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit dan aduk rata.
  6. Masukkan choco chip dan kacang almond cincang, aduk rata.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin yg telah dialas paper cup.
  8. Panggang selama 25 menit dengan suhu 180 derajat Celcius hingga matang.

Catatan:
  • Resep ini saya cari soalnya masih ada sisa oatmeal yg belum juga habis2 hehehe ternyata setelah jadi cupcake jadi lebih enak loh dan cupcakenya menjadi lebih moist teksturnya. 
  • Seharusnya pake susu cair, tp berhubung saya tidak punya jadi oatmeal saya larutkan dengan air panas biasa.
  • Setelah cupcake jadi dan saya cicipi ternyata rasanya manis banget buat saya, saran sih.... gulanya bisa sedikit dikurangi bisa 125 gr atau malah 100 gr saja hahaha...
  • Untuk hasil yang cantik jangan lupa sisakan potongan almond untuk taburan di atas cupcake agar hasil jadi lebih cantik :)
  • Resep ini jadi 8 buah cupcake ukuran cup medium.

Resep ini saya temukan di blog ini, lalu seperti biasa saya modifikasi sedemikian rupa. Selamat mencoba yaaa.. :D