Kamis, 17 Januari 2008

tahu, tempe naik.....


gara2 sakit, 2 hari terperangkap di rumah, dan tontonan gw tipi.kalo ga nonton berita ya nonton gosip sama iklan (penggemar add commercial break hehehe....).selama beberapa hari sakit ada berita yang santer di kabarkan, bukan ..bukan berita pak harto sakit. selain itu ada berita, harga kedelai naik...

wuih ini rekor sepanjang hidup gw nih ada harga kedelai naik, berarti harga tempe dan tahu makanan kesukaan hampir semua rakyat di indonesia, miskin maupun kaya, naik juga dong??? harga kedelainya aja naik 100%, gimana pedagang pembuat tahu/tempe mau ngejual barang mereka ke konsumen?
kalo harga di naikkan kan konsumennya gak mau beli... tapi kalo gak di naikan pedagangnya yang bisa cari untung dan hidup buat diri mereka, usaha bikin tahu/tempe, bikin gorengan bisa bangkrut, pengangguran..., malah ada yang mulai mencampurkan bahan pembuat tempe dengan parutan singkong buar mereka tidak mengalami kerugian.kasian ya....pembuat, pedagang dan pengolah tahu/tempe masih berusaha mengerti konsumen mereka, walau sebenarnya hidup mereka sudah di ujung tanduk terancam bangkrut.

masalah sensitf sih ini, apalagi sebagian besar ini lauk wajib masyarakat yang emang kurang berada, mereka akan puas walau makan cuma nasi sama tahu ato tempe goreng. tapi kalo tahu/tempe aja mahal dan mereka sampe g mampu beli, masa mau makan nasi pake garam?
kalo orang yang berada mah gampang, kalo tempe/tahu jadi mahal, mending makan ayam, ikan daging ato telur deh....menu jadi lebih bervariasi.


ngomongin tempe sama tahu serasa ngomongin beras ya...(kayaknya beda deh?), sama2 kebutuhan pokok(oh...)...saat harga mereka hampir sama dengan harga ayam ato telur....pasti bakal terjadi demo besar2an menuntut SBY turun nih....

jadi takut pulang ke jakarta kalo sampe demo itu terjadi...

eh di surabaya hal itu berasa banget gak sih?kenaikan harga tempe/tahu itu? mungkin yang bisa menjawabnya cuma anak kos-kosan kali ya....yang tiap hari doyan makan tempe penyet...paling mereka bete aja kenapa makan tempe penyet harganya gak jauh beda sama makan pake telor penyet, hehehe....nasib mu anak kos....
(eh tapi gw serius lho butuh komentar nih untuk yang suka makan tempe penyet di daerah karang menjangan, hargannya sekarang berapa?)

2 komentar:

Eghy Dot Net mengatakan...

wah, harga tahu tempe naek. brarti harga kondom jg bentar lagi naek hohoho. ngefek gak?!

ipied mengatakan...

emangnya kandom terbuat dari tempe?
bodoh deh?????
setahuku yang pake kondom sukanya makan tempe, wekekekekekekekekeke.......